1. Mengonsumsi Makanan Tertentu


Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang dapat memperlambat datangnya haid.

  • Air jeruk lemon, dimana lemon yang mengandung asam sitrat adalah salah satu cara yang efektif.
  • Agar - agar, dalam bentuk jelly atau bubuk yang dimasak.
  • Cuka apel, yaitu dengan mencampur air mineral dengan 3 sendok cuka apel. Kamu dapat meminumnya 2 kali sehari.
  • Kacang lentil, yaitu kacang Mesir yang dapat kamu goreng atau dijadikan sup. Makanlah setiap pagi dalam keadaan perut kosong minimal 1 minggu sebelum siklus haid datang.
  • Gelantin, yang dapat kamu campur dengan secangkir air hangat.

Namun semua jenis makanan atau minuman di atas harus dikonsumsi sebelum terjadinya siklus haid.

source: http://pojoksatu.id



2. Tidak Mengkonsumsi Rempah - Rempah Berlebih


Rempah - rempah memang menghasilkan cita rasa makanan yang tinggi dan menggungah selera. Jika ingin menunda haid, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dengan aneka rempah - rempah. Jajanan di luar rumah, terlebih di restauran selalu menggunakan rempah - rempah untuk menambah kelezatan makanan. Sebaiknya masak sendiri makanan di rumah agar lebih sehat dan sesuai kebutuhan, serta memperlambat datangnya haid tentunya.

source: http://www.rasa.my
baca juga



3. Olahraga dengan Intensitas Tinggi


Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Namun ada beberapa jenis olahraga yang jika dilakukan secara berlebihan malah akan menjadi cara alami untuk menunda terjadinya haid. Memang diperlukan olahraga yang ekstrim tentunya seperti naik gunung, berenang, senam dengan gerakan berlebih atau beladiri. Stres fisik yang ditandai dengan kelelahan dapat mempengaruhi homon bekerja tidak seimbang di dalam tubuhmu. Namun jangan lakukan kegiatan ini terlalu sering ya ladies, agar tubuhmu tidak bekerja secara berlebihan.

source: https://www.brilio.net

 



4. Bergadang


Bergadang atau tidur terlalu malam adalah salah satu cara menunda menstruasi. Padatnya aktivitas akan membuatmu lembur ataupun alasan lain, yang mengharuskan kamu tidak memiliki jam tidur yang cukup. Saat kurang tidur, semua organ - organ di dalam tubuh akan bekerja lebih keras tanpa henti. Hal inilah yang menjadi pemicu haid akan datang terlambat atau haid yang tertunda.

source: https://www.brilio.net
baca juga



5. Penggunaan Obat Tertentu


Cara sederhana menunda haid adalah dengan memberikan obat - obatan berupa tablet yang mengandung komponen progestin dan estrogen. Tablet yang mengandung kedua komponen tersebut telah umum digunakan untuk mengatur siklus haid saat ibadah haji atau umrah. Penggunaan tablet ini akan menekan gonadotropin,sehingga produksi estrogen dan progesteron endogen oleh ovarium dapat ditekan. Hal ini akan menyebabkan endometrium tidak akan menebal dan dipertahankan untuk tetap stabil, sehingga tidak terjadi haid sampai 3 hari obat dihentikan. Namun, semua ini harus dibawah pengawasan dokter ya.

source: http://www.perpusku.com