1. Minum Air Putih Hangat

Air putih sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Idealnya setiap hari tubuh membutuhkan 8 gelas air putih. Cara mempercepat datang bulan salah satunya adalah dengan minum air putih hangat setiap hari. Air putih yang hangat berkhasiat membuat haid lebih cepat datang. Air putih yang hangat berfungsi melancarkan alliran darah, sehingga hormon lebih seimbang dan memicu datangnya haid lebih cepat. Cara yang sangat mudah untuk dilakukan.

source: http://waspada.co.id


 

baca juga

2. Mandi Atau Berendam Dengan Air Hangat

Sama fungsinya dengan air putih hangat, mandi atau bahkan berendam dengan air hangat adalah cara alami yang dianjurkan agar haid datang lebih cepat dan lebih lancar. Cara ini termasuk cara yang mujarab. Agar lebih efektif, teteskan minyak esensial tertentu untuk berendam, seperti minyal serai wangi, minyak lavender atau minyak dari bunga mawar. Minyak ini akan memiliki efek menenangkan. Lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan. 

source: http://antsonafarm.blogspot.co.id


 

3. Istirahat yang Cukup

Dengan padatnya kegiatan atau aktivitasmu di luar, tentu akan menimbulkan masalah secara emosional seperti stres, keletihan yang berlebih atau rasa yang tidak tenang. Semua ini akan menghambat hormon yang mengalirkan darah ke ovarium. Hormon tersebut menjadi tidak seimbang akibat ganggguan emosi pada seseorang. Oleh sebab itu sangat dianjurkan beristirahat yang cukup agar tubuh menjadi lebih segar dan tenang. Tidur selama 8 - 9 jam setiap hari akan membantumu memperlancar siklus haid.

source: http://health.liputan6.com


 

baca juga

4. Mengonsumsi Sayur Dan Buah - Buahan

Sayuran dan buah - buahan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang baik. Keseimbangan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi kerja hormon di dalam tubuh. Paprika, brokoli, sayuran hijau, pepaya, kiwi, jeruk dan tomat sangat ampuh membuat hormon bekerja maksimal.

Jika kamu kurang suka sayuran atau buah, sebaiknya makanan ini diolah menjadi makanan yang menarik. Atau bisa juga dijadikan jus atau salad agar rasanya lebih nikmat. Cara sederhana ini selain memperlancar siklus haidmu, tentu akan menjadikan tubuhmu tetap sehat.

source: https://3.bp.blogspot.com


 

5. Mengonsumsi Vitamin C

Jika ingin mempercepat datang bulan, cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C akan memberi efek cepat pada menstruasi. Lapisan di dalam uterus dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin C. Ketika vitamin C masuk ke dalam tubuh, maka vitamin ini secara otomatis akan memacu uterus untuk mengalami kontraksi sehingga haid dapat lebih cepat datang.

source: https://www.merdeka.com


 

6. Mengkonsumsi Peterseli

Peterseli diketahui merupakan salah satu cara mempercepat datang bulan, karena daun peterseli mengandung miristisin dan apio; yang sangat berguna bagi tubuh. Sama seperti fungsi vitamin C, daun peterseli mampu membuat uterus lebih berkontraksi. Kamu dapat mengkonsumsinya di dalam semangkuk sup atau dibuat teh. Caranyapun mudah

  • Siapkan 1/4 cangkir daun peterseli segar yang sudah dicuci dan dipotong
  • Didihkan 1 cangkir air dan tuang peterseli
  • Biarkan 5 menit hingga terseduh sempurna
  • Saring dan minum airnya
source: http://www.cara-sehat.net


 

7. Menikmati Hidup

Dengan segala rutinitas dan aktivitasmu, ambilah waktu khusus agar kamu dapat menikmati hidup. Kamu dapat mempersiapkan 'me time' di sela - sela akhir pekanmu. Salurkan hobi yang selama ini tertunda dan tidak pernah kamu laksanakan akibat kesibukanmu.

Kamu bisa berkebun, memasak, menjahit atau sekedar hangout bersama keluarga, teman dan sahabat. Suasana hati yang riang dan tenang akan membuat hormon yang bekerja di dalam tubuhmu menjadi lebih seimbang. Dengan demikian, akan mempercepat siklus haidmu.

source: https://www.hidayatullah.com

Kebiasaan baik di atas pasti juga akan berdampak posiitf pada kesehatanmu. Selamat mencoba!