1. Bersihkan dengan Cara yang Tepat

Dengan beragam jenis sepatu, tentu berbeda cara membersihkannya. Hal itu bergantung pada jenis materialnya. Namun, pada dasarnya, kamu tidak perlu sering-sering mencuci sepatu. Khawatir warnanya nanti akan pudar. Jika ingin membersihkan noda, kamu bisa terapkan hal berikut!

  • Flat shoes berbahan kulit sintetis: Kamu bisa gunakan pembersih kaca untuk membersihkan flat shoes dari kulit sintesis ini. Sebab, kandungannya sama-sama cocok, yaitu untuk permuakaan yang licin. Sehingga mampu membersihkan noda dan menjadikannya mengkilap kembali.
  • Suede shoes: Sebelum mengenakannya, pastikan kamu telah menyemprotkan spray pelindung kulit suede. Kemudian untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan suede brush khusus. Karena bahan ini sangat rentan, pastikan kamu menggosoknya perlahan.
  • Leather shoes: Keampuhan cuka dalam menghilangkan noda tidak bisa diragukan. Bukan hanya bisa menghilangkan noda untuk jeans, ternyata bisa juga diaplikasikan untuk sepatu berbahan kulit. Cukup campurkan cuka dengan air dan semprotkan di permukaan sepatu secara merata.
  • Canvas shoes: Kalau untuk sepatu berbahan kanvas, kamu bisa gunakan baking soda. Caranya gunakan 1 sdm baking sodam 1 sdm cuka putih, serta 1 sdm air panas. Lalu kamu campurkan dan perlahan usapkan ke permukaan sepatu menggunakan sikat gigi. 
     
source: https://www.youtube.com


 

baca juga

2. Perhatikan Cara Menyimpan Sepatu

Sebaiknya kamu tidak menyimpan sepatu di tempat yang mudah berdebu. Pastikan tempat kamu menyimpan sepatu aman dan bersih. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam kotak sepatu bila sepatumu sangat sensitif terhadap kotoran. Namun, jika itu sepatu berbahan tebal seperti sneaker dan canvas, sebaiknya biarkan di ruangan terbuka. Sebab sepatu berbahan tebal membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan udara di sekitarnya, serta menghindari sepatu agar tidak berbau. 

source: http://www.rumahminimalisplus.com


 

3. Jangan Gunakan Sepatu dalam Keadaan Lembap

Jika sepatu kamu masih dalam keadaan basah atau lembap, jangan mengenakannya. Sebab akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Serta akan muncul jamur di permukaan sepatu yang akan menyebabkan warnanya cepat pudar. Jika sepatumu belum kering benar, sebaiknya gunakan bantuan hairdryer hingga benar-benar kering. Ataupun kamu bisa menjemurnya terlebih dahulu.

source: http://www.imgrum.org

Mudah dan tidak seribet yang kamu bayangkan kan, Beautynesian?