Makanan dan Minuman yang Tidak Diperbolehkan

Jika kamu penderita maag, sebaiknya hindari beberapa jenis minuman dan makanan ini ketika sahur dan berbuka, agar maag tidak timbul di siang hari :

1. Saat berbuka dan sahur, hindari minuman seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream. Karena hanya akan memicu asam lambung naik

2. Hindari cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang. Jenis makanan ini langsung merusak permukaan dinding lambung

3. Pentingnya menghindari jenis makanan seperti cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan. Duh semuanya enak ya, tapi ini justru hanya akan melemahkan klep kerongkongan bawah.

source: http://www.med-health.net/i-don%27t-want-to-eat.html


 

Banyak Minum Air Putih

Pentingnya banyak mengonsumsi air putih. Sebelum kamu berbuka dan makan berat, minum segelas air terlebih dahulu, hal tersebut dapat mengurangi kadar asam lambung. Usahakan jangan minum pada saat makan, tunggulah kurang lebih 15 menit setelah selesai makan baru minum, dengan begitu makanan yang telah masuk dapat lebih mudah dicerna oleh lambung. Orang sehat saja dianjurkan untuk banyak minum, apalagi jika kamu penderita maag, wah ngga boleh asal-asalan dalam hal konsumsi air putih. Minumlah air putih dan jus-jus yang tidak asam saat berbuka puasa.

source: https://plus.google.com/114024844153209210577


 

baca juga

Konsumsi Obat Wajib yang Dianjurkan

Puasa justru sebenarnya membuat penderita maag lebih bisa mengendalikan diri dan obat maag mungkin tak diperlukan lagi. Namun, jika kamu memang rutin mengonsumsi obat-obatan saat menghadapi bulan puasa ramadhan, sebaiknya konsumsi obat-obatan tersebut. Penderita maag tidak boleh sembarangan menjalankan puasa, ia perlu persiapan ekstra. Minumlah obat ketika sahur, agak kuat seharian menjalani puasa. Tentunya harus dengan resep dokter ya!

source: http://uy.ts.cn/


 

Makanan yang Dianjurkan Bagi Penderita Maag

Jangan sedih karena jenis makanan yang boleh kamu konsumsi harus dibatasi, ini semua demi kesehatan kamu supaya lancar menjalani puasa, tentu nggak ingin kan puasanya bolong-bolong? Nah ini dia, makanan dan minuman yang dianjurkan bagi para penderita maag :
1. Konsumsi karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna saat sahur, agar kamu tidak mudah lapar dan lemas di siang hari.

2. Konsumsilah buah kurma. Kurma merupakan makanan berbuka yang dianjurkan oleh Nabi, karena memiliki banyak manfaat sebagai sumber yang bagus untuk karbohidrat, serat, kalium dan magnesium.

3. Makanlah makanan yang dipanggang. Bagi penderita maag, lebih baik memakan makanan yang dipanggang daripada digoreng.

4. Sangat dianjurkan untuk makan sahur pada saat sudah mendekati imsak, dan segera berbuka saat magrib, jangan pernah menundanya. Penderita maag sudah lancar bertahan mengosongkan perut selama 14 jam, jadi segerakan jam makan saat sudah maghrib.

5. Pisang juga baik untuk penderita maag, sebab pisang merupakan sumber bagi nutrien seperti karbohidrat kalium dan magnesium.
source: https://www.eyeem.com/a/8258239


 

baca juga

Hindari Stress

Penderita maag sebaiknya menghindari pikiran stress, lakukanlah kegiatan kamu sehari-sehari seperti biasa dan istirahat yang cukup. Kadar stress yang tinggi justru akan meningkatkan produksi asam lambung. Saat puasa Ramadhan ini, justru adalah waktu yang tepat untuk menjaga kadar stres dengan ketenangan beribadah.
source: http://www.soundvision.com


 

Sebenarnya dengan berpuasa, akan membuat jam makan menjadi teratur. Penderita maag akan mengurangi konsumsi camilan yang tidak sehat sepanjang hari karena sedang berpuasa. Selain itu, selama melakukan rangkaian ibadah puasa, mereka yang sakit maag akan lebih melakukan pengendalian diri dan lebih banyak beribadah. Nah, dengan puasa justru dapat membuat penderita sakit maag sembuh. Happy fasting, Beautynesian!