Sejarah Me No Shita Chiiku


Sama halnya seperti fashion, tren kecantikan pun juga berulang. Memakai blush on warna merah terang hingga pelipis yang tren di era '80-an kini kembali populer dan lebih dikembangkan lagi. Trend pakai blush on di bawah mata dimulai dari negeri sakura. Mereka menyebutnya me no shita chiiku yang artinya di bawah mata.

Jadi riasan ini hanya fokus pada area bawah mata. Mungkin kamu pernah melihat makeup geisha dan pemain kabuki? Mereka biasanya memang menggunakan blush on merah terang di bawah mata dan seperti menjadi ciri khas makeup wanita Jepang. Kini tren makeup seperti itu muncul lagi seperti menguak kenangan lama dari makeup Jepang pada masanya.

Tak hanya berkiblat pada dandanan geisha dan pemain kabuki, sekarang me no shita chiiku terinspirasi oleh aspek yang lebih modern yaitu anime Jepang yang memang sangat populer. Dalam anime, pipi gadis anime digambarkan sebagai lingkaran oval berwarna merah muda tepat di bawah mata. Kesan cute, innocent dan youthful akan tampil bersamaan dengan rona merah yang bersemu di bawah mata. 

source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/b1/00/ec/b100ec2d18f8b5b09c39f5a7b491bc3d.jpg


 

Ada juga yang menyebut trend pakai blush on di bawah mata ini seperti orang mabuk atau demam. Gaya makeup seperti itu sudah pernah diperkenalkan tahun 90-an oleh model Kate Moss yang menggunakan gaya heroin chic, atau tampilan makeup pucat dan lingkaran hitam di bawah mata seperti orang yang tengah mabuk heroin. Memang terkadang kamu akan melihat orang yang mabuk atau demam pipinya bersemu merah. Terlebih jika mereka memiliki kulit wajah yang putih bersih, maka akan semakin kelihatan merona. Namun, entah mengapa riasan seperti ini justru akan menampilkan sisi polos kamu dan terlihat unik. 


 

<baca juga>

Bagaimana Membuat Riasan Me No Shita?


Untuk mendapatkan riasan me no shita chiiku atau undereye blush kamu cukup fokus pada area bawah mata dengan mengaplikasikan blush on menggunakan jari. Kamu mulai membuat 3 titik sekaligus di bawa mata dan ratakan dengan menepuknya perlahan menggunakan jari dari arah dalam ke arah luar. Untuk makeup lain mungkin akan fokus pada bagian tulang pipi, namun untuk trend makeup satu ini hiraukan bagian itu dan fokus pada sekitar bawah mata saja. 

source: https://id.pinterest.com/pin/368450813246598888/


 

Tips Membuat Me No Shita Chiiku


Wanita Jepang memang suka menggunakan blush on di pelipis dan di bawah kantung mata untuk terlihat lebih muda dan terkesan Kawaii atau cute. Untuk mendapatkan makeup look ini juga mudah kok. Siapkan saja blush on berwarna pink muda yang disesuaikan dengan tone warna kulit kamu. Aplikasikan blush on mulai dari under eye hingga ke area kuping atau pelipis. Memang sih tampak mudah tapi ada hal lain juga yang perlu kamu perhatikan, karena trend pakai blush on di bawah mata juga tidak semata-mata asal membaurkan blush on di bawah mata saja tanpa memperhatikan hal lainnya. Kamu juga harus menyesuaikan dengan bentuk wajah agar mendapatkan hasil yang bagus. 

  • Wajah oval, cukup mengaplikasikan blush on melingkar saja di bawah mata.
  • Wajah bulat, kamu perlu membuat tampilan tirus dan tajam agar rona merahnya tidak membuat kesan wajah kamu semakin bulat. Aplikasikan blush on dari bagian atas tulang pipi ke dekat pelipis secara meruncing ke atas.
  • Wajah lonjong, fokuskan blush on di bagian tengah bawah mata secara melingkar agar wajahmu tidak tampak semakin panjang.
  • Wajah segitiga, lembutkan bagian yang tajam dengan cara mengapliaksikan blush on berupa lingkaran di atas tulang pipi.
  • Wajah persegi, gunakan teknik shading agar wajah tidak tampak lebar. Aplikasikan blush on di atas tulang pipi secara melingkar ke arah telinga kamu, lalu gunakan teknik shading di area pelipis dan garis rahang.
Tips lain untuk trend pakai blush on di bawah mata adalah mengaplikasikan blush on tipis-tipis saja terlebih dahulu jangan langsung tebal supaya tidak terlihat menor.
source: https://id.pinterest.com/pin/694680311242242652/


 

<baca juga>
Me No Shita Chiiku di Indonesia
Kenyataanya trend pakai blush on di bawah mata tidak hanya ramai di Jepang, namun mulai diikuti negara lain seperti Indonesia, salah satu artis yang sudah menggunakan makeup me no shita chiiku adalah Syahrini dan makeup artist (MUA) Patty Kaligis.
source: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1272125/big-portrait/2f293348ca1ef6144c701371fe638e6b22-6-16.jpeg

Nah, bagaimana Beautynesian? Tertarik menerapkan me no shita chiiku makeup?