1. Masukkan Ke dalam Freezer


Tips ini bisa diaplikasikan terhadap jenis sepatu plastik dan juga sepatu berbahan dasar kain. Tetapi jangan dicoba pada jenis sepatu kulit. Bungukus terlebih dahulu sepatu ke dala plastik bening lalu masukkan ke dalam freezer. Kamu bisa tunggu hingga 7-8 jam sambil memastikan sepatu sudah dalam keadaan beku. Hal in bertujuan untuk membuat sepatu lebih melar karena udara dingin dan es batu yang telah terserap ke permukaan sepatu. Setelah dikeluarkan, diamkan sepatu hingga mencair.

source: http://pekanbaru.tribunnews.com/2016/05/23/simpan-sepatu-dalam-kulkas-ternyata-ada-manfaatnya


 

2. Gunakan Hairdryer untuk Memanaskan


Cara kedua, kamu bisa mengaplikasi tips sepatu kekecilan dengan menggunakan hairdryer dengan tujuan untuk memanaskan. Suhu panas bisa membuat sepatu menjadi lebih melar. Pasang hairdryer di suhu yang tidak terlalu panas, dan upayakan untuk memanaskannya dengan merata. Sebab, lem atau perekat dari tiap-tiap sepatu itu berbeda. Jika, kamu memanaskan dalam kondisi yang terlalu panas, risiko lem dan perekatnya akan mudah rusak.

source: http://jogja.tribunnews.com/2015/02/03/sepatu-anda-kekecilan-coba-cara-ini-untuk-mengakali


 

baca juga

3. Sumpel dengan Kertas Koran Basah


Jika biasanya sepatu yang disumpel adalah sepatu kebesaran, tapi kini sepatu kekecilan pun bisa disumpel dengan koran. Bedanya koran tersebut harus basah. Selain itu sepatu yang telah disumpel ini akan lebih baik jika dibiarkan semalaman. Kamu juga bisa memenuhi volume sepatu dengan koran basah untuk membentuk ukuran sepatu agar lebih besar. Tips ini biasanya diaplikasikan hanya pada sepatu berbahan kain, ya, Beautynesian.

source: https://liwunfamily.wordpress.com/2015/05/03/tips-atasi-sepatu-kebesaran-atau-kekecilan/


 

4. Gunakan Alkohol


Tips sepatu kekecilan selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan alkohol yang biasa digunakan untuk menyembuhkan luka. Caranya Semprotkan alkohol ke bagian yang kamu rasa sangat sempit. Kemudian sambil ditekan kamu bisa meregangkan permukaan sepatu sehingga lebih melar. Lakukan penekanan dan peregangan, mengingat alkohol akan cepat menguap. Setelah itu bia kamu diamkan dan apabila masih kurang melar, kamu bisa mengulangi langkah ini.

baca juga

Itu dia tips mengatasi sepatu kekecilan. Kalau sepatumu kekecilan, jangan dibiarkan, ya!