Motif Batik Pamiluto

Jenis batik yang satu ini umumnya dikenakan dalam upacara pertunangan. Pamilut berarti perekat dalam Bahasa Jawa. Makna dari motif batik ini adalah sebagai perekat sehingga calon pengantin dapat saling terikat hingga hari pernikahan.
source: http://www.kriyalea.com/mengenal-5-motif-batik-yogyakarta/

Motif Batik Ciptoning

Memberikan kesan bijaksana, batik ini biasa dikenakan untuk acara resmi. Sesuai dengan namanya yakni Ciptoning, batik ini bermakna bijak, sopan dan berwibawa.
source: http://batiksfabric.com

Motif Batik Wahyu Tumurun Cantel

source: http://batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.com
Baju batik dengan motif Wahyu Tumurun Cantel merupakan jenis batik yang khsusus dipakai dalam acara tradisi orang Jawa yaitu Temu Manten, atau pertemuan pengantin. Makna dari motif ini adalah agar pengantin baru tersebut senantiasa mendapat anugerah Tuhan dan dikaruniai keturunan yang soleh solehah.
source: http://www.bisniskonfeksi.com/motif-batik-yogyakarta-dan-maknanya/

Motif Batik Udan Liris

Motif batik yang satu ini dahulu kala hanya boleh dikenakan oleh raja dan keluarganya saja.
source: http://sosbud.kompasiana.com
Dinamakan hujan gerimis atau hujan rintik-rintik sebagai lambang kesuburan. Pola batik Udan Liris ini terdiri dari tujuh motif batik yang disusun menjadi bentuk lereng. Hal ini diartikan sebagai pengharapan agar yang mengenakan dapat selamat, sejahtera, tabah, berprakasa dalam menunaikan kewajiban demi kepentingan nusa dan bangsa.
source: http://sosbud.kompasiana.com/2014/09/12/inilah-motif-batik-dan-makna-simboliknya-687314.html

Motif Batik Parang Parikesit

source: http://sosbud.kompasiana.com
Pari berarti padi, sementara kesit artinya bersih, putih. Dalam cerita pewayangan, Parikesit adalah putra Abimanyu yang menjadi raja setelah Perang Bharatayuda. Parang kesit adalah motif parang rusak yang mlinjon atau blumbangan-nya berwarna putih.
source: http://sosbud.kompasiana.com/2014/09/12/inilah-motif-batik-dan-makna-simboliknya-687314.html

Motif Batik Truntum Sri Kuncoro

source: http://www.bisniskonfeksi.com
Truntum berasal dari bahasa Jawa yang artinya menuntun. Motif Truntum Sri Kuncoro biasa dipakai oleh orang tua pengantin saat acara Temu Manten berlangsung. Makna terkandung dari batik ini adalah agar orang tua bisa menuntun anaknya dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang akan dijalaninya.
source: http://www.bisniskonfeksi.com/motif-batik-yogyakarta-dan-maknanya/