Pola Makan yang Tidak Normal


Kenaikan berat badan yang drastis akibat pola makan yang berlebihan dapat menunjukkan adanya gangguan pada hormon. Sedangkan penurunan berat badan yang berlebih seperti sedang diet atau mengalami gangguan makan (sering disebut anoreksia atau bulimia) juga sangat tidak baik bagi keseimbangan hormon. Semua kelainan pada pola makan ini akan mempengaruhi kebutuhan lemak menjadi semakin berkurang saat pembentukan hormon haid. Inilah salah satu penyebab datang bulan tidak teratur.

source: http://food.detik.com/read/2016/07/07/111700/3249177/900/ikuti-cara-ini-agar-bisa-kembali-ke-pola-makan-sehat-setelah-puasa



Mengalami Stres Berlebih


Setiap wanita pasti akan mengalami stres jika dalam situasi dan kondisi yang tidak diinginkan atau diharapkan. Namun, sayangnya tidak semua wanita dapat mengelola stres dengan baik. Ketidakmampuan mengelola emosional yang berlarut - larut dalam jangka waktu yang panjang merupakan salah satu penyebab datang bulan yang tidak teratur. Saat stres yang berkepanjangan, tubuh akan memproduksi hormon stres, yang akan mempengaruhi hormon yang bertugas mengatur periode mentrusasi. Faktor inilah yang akan menyebabkan haid tidak teratur.

source: http://www.eva.ro/casa-si-familie/acasa/10-lucruri-care-iti-fac-locuinta-sa-para-dezordonata-articol-138339.html
baca juga



Aktivitas yang Berlebihan


Aktivitas yang berlebih dapat menimbulkan rasa lelah yang luar biasa. Hal ini akan memengaruhi kelenjar atau hypothalamus, yang akan memproduksi hormon menstruasi. Hormon ini akan mempengaruhi pelepasan LS dan FSH, yaitu hormon hipofisis yang akan memicu ovulasi (pelepasan sel telur). Ovulasi ini akan berpengaruh pada haid yang tidak lancar dan tidak teratur. Untuk mengatasinya, mulai sekarang kamu dapat menentukan prioritas pada setiap aktivitasmu. Sebaiknya kurangi aktivitas jika tidak memungkinkan dan menghindari hal - hal yang akan membuatmu mengeluarkan tenaga yang lebih besar.

source: http://www.buletindecarei.ro



Alat Kontrasepsi


Beberapa alat kontrasepsi akan mengakibatkan siklus haid yang tidak teratur. Misalnya penggunaan pil KB. Selain itu pemakaian IUD (spiral) dan pemberian suntikan pasca melahirkan juga akan menjadi salah satu penyebab datang bulan yang tidak teratur. Pemakaian alat kontrasepsi diatas memang harus dibawah pengawasan dokter dan dikonsultasikan jika ada gangguan yang tidak biasa.

source: https://feed.merdeka.com
baca juga



Kehamilan


Alasan yang paling umum dari sikus menstruasi yang tidak teratur ada dalam kelompok usia produktif. Usia dimana reproduksi masih berfungsi dengan baik, karena berhubungan dengan kehamilan. Periode tidak teratur akan dialami oleh sekitar 30 % wanita di tahun - tahun reproduksi. Jika hamil, tubuh akan segera mulai memproduksi berbagai tingkat hormon, yang akan memperlambat datangnya haid. Sementara pemberian ASI (air susu ibu) juga dapat menyebabkan waktu haid yang tidak teratur.

source: http://www.katalogibu.com



Periode Premenopause


Siklus haid yang tidak teratur juga terjadi pada periode premenopause, yaitu periode dimana seorang wanita yang akan memasuki masa menopause (berhenti menstruasi). Beberapa perubahan dalam siklus ini tidak memerlukan pengobatan. Sementara pendarahan yang berat akan memerlukan pengobatan dan evaluasi lebih lanjut. Usia menopause seseorang tentu berbeda dengan orang lain, tergantung pada keseimbangan hormon di dalam tubuh masing - masing. Namun dapat ditandai dengan perubahan fisik, seperti cepat lelah, cepat stres dan kurang dapat mengendalikan emosi dengan baik. Ketidakseimbangan inilah yang akan menjadi penyebab datang bulan tidak teratur.

source: http://www.prevention.com



Berbagai Penyakit


Adanya kelainan pada organ kandungan seperti myoma uteri, kista, kelainan rahim dan polip akan memberikan keluhan pendarahan di luar haid, yang akan berakibat haid tidak teratur. Selain penyakit yang menyerang pada kandungan, penderita penyakit diabetes, kanker dan masa pemulihan kanker seperti sedang melakukan kemoterapi, radiasi dan sejenisnya juga dapat memicu periode haid yang tidak teratur.

source: http://pengobatankistarahim.web.id