Oat atau Barley

Sebagai salah satu jenis makanan penurun kolesterol, oat dan barley kaya akan sejenis serat larut bernama beta-glucan yang akan mengurangi LDL (low density lipoprotein) alias si kolesterol jahat. Beta glucan akan menjadi gel yang mengikat kolesterol jahat dalam usus besar, sehingga tidak diserap oleh tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi 3 gram beta glucan dalam sehari, atau 105 gram oat kering.

source: http://www.purplecoworganics.com/farmers/full-cycle-ag-system/crop-specific-programs/organic-barley-oats/


 

baca juga

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, atau pistachio tergolong sebagai makanan penurun kolesterol karena kaya akan serat dan unsaturated fat yang menyehatkan jantung. Sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 30 gram atau segenggam kacang walnut utuh selama enam hari tiap minggu dalam jangka waktu satu bulan berhasil menurunkan tingkat kolesterol sebanyak 5.4% dan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) sebesar 9.3%.

Perlu diingat bahwa kacang mengandung banyak kalori, sehingga jangan sampai makan terlalu banyak. Usahakan mengganti makanan tinggi kalori lainnya seperti keju atau daging dengan kacang-kacangan. Pastikan bahwa kacang-kacangan yang kamu konsumsi tidak berlapis garam atau gula.

source: http://nutworks.com.au/news-and-events/benefits-of-nuts


 

Bayam

Sayuran hijau ini kaya akan kandungan lutein, yang telah dibuktikan bermanfaat mencegah degenerasi makular pada mata. Manfaatnya tak berhenti sampai di sana, Beautynesian. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi semangkuk makanan yang kaya lutein setiap harinya membantu mencegah serangan jantung dengan cara "membersihkan" kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

source: http://foodfacts.mercola.com/spinach.html


 

baca juga

Ikan Tinggi Omega-3

Gerakan makan ikan perlu didukung nih, Beautynesian. Pasalnya, mengkonsumsi ikan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi tingkat LDL dengan dua cara. Pertama, konsumsi ikan akan menggantikan konsumsi daging merah dan jeroan, sumber kolesterol jahat. Kedua, konsumsi ikan akan memberikan asupan Omega-3 yang mengurangi kadar trigliserida dalam darah, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi resiko pembekuan darah.

Beberapa jenis ikan yang dapat kamu konsumsi diantaranya:

  • makarel
  • trout danau
  • haring
  • sarden
  • tuna Albacore
  • salmon
  • halibut
source: https://www.abbottlifeplus.com/v/articles