Berbaring

Berbaring merupakan salah satu cara cepat menghilangkan nyeri menstruasi. Kamu dapat lakukan di atas tempat tidur atau sofa, agar rasa nyerinya dapat berangsur hilang. Jika sebagian wanita merasakan sakit di bagian punggung, kamu dapat mengatasinya dengan memberikan bantal sebagai penyangga pada lutut. Tarik nafas yang panjang dan buang secara perlahan. Lakukan hal ini senyaman mungkin agar rasa sakitmu berangsur pulih.

source: https://feed.merdeka.com

Kompres Bagian Perut

Saat perut bagian bawah mulai terasa nyeri, hal yang harus kamu lakukan adalah mengkompresnya dengan bantalan pemanas. Namun jika kamu tidak memiliki bantalan pemanas, kamu dapat merebus air panas dan memasukkan dalam sebuah botol kaca atau botol yang dapat menampung air panas. Lapisi botol tersebut dengan handuk atau kain agar panasnya tidak langsung menyentuh kulitmu. Usahakan kamu dalam posisi yang nyaman seperti berbaring atau duduk dengan menyandar.

source: http://wartakota.tribunnews.com
baca juga

Minum Air Hangat

Tidak semua air hangat disarankan untuk kamu minum untuk mengatasi nyeri haid. Yang paling baik adalah air putih hangat. Air putih hangat yang masuk ke dalam pencernaanmu akan membantumu mengurangi sakit pada saat sedang haid di hari - hari pertama. Namun adalah lebih baik jika selama haid kamu mengkonsumsi air putih yang hangat, karena selain dapat mengurangi rasa nyeri, air putih hangat juga dapat memperlancar haidmu. Tentu ini adalah cara cepat menghilangkan nyeri haid.

source: http://www.suaradesa.com

Lakukan Pemijatan

Jika rasa nyeri mulai muncul, kamu dapat melakukan pemijatan di bagian bawah perut. Namun pemijatan harus dilakukan dengan perlahan dan hati - hati. Selain di bagian perut, kamu juga dapat memijat otot bagian dalam tulang kering pada kaki. Pemijatan di daerah kaki akan melancarkan aliran darah. Carilah tempat yang nyaman sehingga kamu juga dapat merasa rileks saat pemijatan. 

source: http://www.klikdokter.com
baca juga

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Saat haid, tentunya tubuh akan kehilangan banyak darah. Bagi kamu yang mempunyai riwayat penyakit anemia / tekanan darah rendah, akan lebih mudah merasakan nyeri haid. Cara mengatasinya salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Kacang - kacangan, sayur bayam, ubi merah adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan saat nyeri, bahkan selama datangnya haid. Jadi selain sehat, tentu rasa nyerimu akan berkurang saat sedang haid. Ini merupakan cara cepat menghilangkan nyeri haid.

source: http://www.alodokter.com

Olah Raga Secara Teraur

Jika kamu terbiasa berolah raga, kamu tetap dapat lakukan olah raga ringan saat nyeri haid. Dengan berolah raga, kamu akan mengalihkan rasa sakitmu dengan gerakan - gerakan yang dapat menyehatkan tubuhmu. Lakukan jalan pagi, yoga, bersepeda ataupun hanya sekedar senam ringan di pagi hari. Jangan melakukan olah raga yang ekstrim seperti berenang atau beladiri, karena gerakan dalam olah raga ini hanya akan menambah rasa sakitmu. Sesuaikan dengan kemampuanmu, agar rasa nyerimu makin berkurang dan diganti dengan tubuh yang sehat. Namun jika kamu tidak terbiasa berolah raga, sebaiknya mulai sekarang kamu melakukan gerakan - gerakan yang ringan untuk membantumu melemaskan otot - otot yang kaku di sekitar perut.
source: https://www.merdeka.com

Jadi, lakukan cara diatas agar nyeri makin berkurang dan bahkan berangsur pulih pada saat haid. Cara yang mudah dan cepat ya.