Kenali dengan Baik Jenis Kulit Flat Shoesmu


Hal pertama yang sebaiknya dilakukan yaitu mengenali dengan baik jenis kulit flat shoes-mu. Apakah termasuk jenis kulit yang berkualitas? Jika jawabannya ya, maka kamu bisa sedikit tenang karena perawatannya lebih mudah dan memang cenderung lebih awet meskipun perlu mengeluarkan modal yang sedikit lebih besar di awal. Selain itu, perhatikan juga apakah ia tahan dengan perubahan cuaca, bagaimana tingkat elastis dan kelembapannya.

source: https://id.pinterest.com


 



Hindari Air


Sepatu dengan jenis kulit asli memang rentan dengan air, berbeda dengan sepatu olahraga. Jangan biarkan hujan sampai mengguyur sepatumu. Selain itu jauhi juga genangan air ya, karena dampak kerusakannya memang tak langsung, tetapi perlahan lahan akan membuat kulit sepatumu mengelupas. Jika memang terlanjur basah terkena air, sebaiknya jangan biarkan mengering secara alami dibawah matahari! Cepat lap sepatumu dengan kain kering yang lembut.

source: http://klinikmode.com/trik-cerdas-mencuci-sepatu-olah-raga/


 

baca juga



Jika Ada Noda Membandel, Pakai Saja Minyak Goreng


Duh, gawat ya jika flat shoes kulitmu mendapati noda yang sulit hilang. Tapi tenang saja, kamu bisa gunakan minyak goreng atau cairan pembersih khusus untuk menyingkirkan noda tersebut. Pakailah kapas untuk mengaplikasikan minyak ke noda di sepatumu, setelah itu bersihkan dengan kain bersih lainnya. Taraaa, kini sepatumu bersih kembali!

source: http://id.wikihow.com/Membersihkan-Sepatu-Kulit


 



Gunakan Semir Sepatu


Nah, hal sederhana ini penting untuk diperhatikan nih ladies. Supaya warna flat shoes kulit kamu tetap terjaga dan tak berubah, gunakan semir sepatu yang berkualitas agar selalu terlihat seperti sepatu baru dan cemerlang. Jangan sampai salah memilih ya, pastikan warna semirnya harus sama dengan warna sepatumu. Saat proses menyemir, biasakan menyemirnya dalam satu arah agar alur sepatu tidak berubah dan tetap terlihat alami.

source: http://www.kiwicare.com/id-id/products/kiwi-shoe-polish


 

baca juga


Hati-hati Menggunakan Cairan Pembersih
Cairan pembersih khusus memang disediakan untuk berbagai jenis sepatu, namun ketika akan membersihkan sepatu dengan cairan pembersih, sebaiknya kamu lihat terlebih dahulu pada sedikit bagian kecil sepatu yang tidak terlihat. Jika tidak menyebabkan sepatu tergores, kusam atau berubah warna, baru gunakan cairan pembersih pada seluruh bagian sepatu.
source: http://fastandfresh-id.blogspot.co.id/2015/02/perawatan-sepatu-berbahan-suede.html


 



Perhatikan Peletakkan Sepatumu


Pastinya kamu akan meletakkan flat shoes kulitmu di rak sepatu bersama dengan jenis sepatumu yang lain. Nah, sebaiknya perhatikan posisi meletakkannya ya, Beautynesian! Ingatlah untuk selalu memberi jarak antar sepatu ya, jangan biarkan antara sepatu satu dengan yang lainnya saling bergesekan dan jadi menimbulkan luka baret pada permukaan kulit sepatu kulit kamu. Duh, tak mau kan sepatu kulit kamu memiliki scratch yang tampak jelas saat dikenakan?

source: https://blog.bukalapak.com/2017/03/rak-sepatu-minimalis/

Wah, merawat sepatu memang mudah ya ladies, tetapi harus rutin dan konsisten. Mungkin bagi sebagian orang akan sedikit merepotkan, namun sepatu dengan bahan kulit yang biasanya tergolong tidak murah ini memang harus diperlakukan dengan spesial. Yuk, mulai merawat sepatu dengan benar!