1. Buat Daftar Belanja Sesuai Prioritas

Sebelum berbelanja, sebisa mungkin buatlah daftar belanja di secarik kertas atau di notes smartphone-mu. Urutkan daftar belanjaan sesuai prioritas kebutuhan Minasan. Hal ini penting untuk menghindari kita membeli barang-barang yang tidak kita perlukan.
source: http://www.riversidemarket.net/shopping-list.php

2. Bawa Uang Secukupnya

Cara efektif agar kita tak tergoda berbelanja sembarangan adalah dengan membawa uang secukupnya. Bawalah uang sesuai keperluan belanja untuk hari itu. Letakkan kartu kredit dan ATM di rumah. Minasan boleh membawa uang cadangan, tapi seperlunya saja ya. Dengan membawa uang secukupnya, Minasan mau tidak mau akan mematuhi rencana belanja sesuai anggaran.
source: http://www.hellousdaily.com/2011/12/01/how-to-tackle-holiday-shopping-as-a-college-student/

3. Jauhi Mal, Belanjalah di Toko Terdekat

Ingin menjaga diri dari lapar mata? Jauhi mal! Tanpa kita sadari, kita akan tergoda barang-barang lucu saat jalan-jalan di mal. Inginnya belanja beberapa barang, sampai di rumah malah membawa belanjaan seabrek yang sebetulnya tidak kita butuhkan.
source: https://www.poundstopocket.co.uk/pound-place/is-impulse-buying-hurting-your-budget/
Kalau ingin belanja keperluan sehari-hari, pilihlah toko terdekat yang memang menjual barang-barang sesuai kebutuhan kita. Ingin belanja stationery? Pergi saja ke toko khusus stationery! Ini cara yang efektif untuk mengindari lapar mata dan belanja sembarangan.
source: http://www.nestle.in/nhw/family-fun-food/smart-shopping-with-smart-planning

4. DIY atau Recycle

Salah satu cara untuk hemat adalah dengan memanfaatkan kembali barang-barang yang tak terpakai. Minasan bisa mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barang yang baru dan cantik, hitung-hitung mengasah kreatifitas juga. Kalau ingin punya baju baru yang modelnya lucu, tak ada salahnya pergi ke penjahit dan minta dijahitkan sesuai model yang diinginkan.
source: http://www.wikihow.com/Make-a-Whole-New-Wardrobe-by-Recycling-Your-Clothes

5. Sumbangkan atau Jual Kembali

Kalau Minasan suka belanja sembarangan, biasanya barang yang tak terpakai akan menumpuk di rumah. Untuk mengurangi tumpukan barang tersebut, Minasan bisa membuat garage sale yang menjual barang-barang tak terpakai. Cara ini efektif untuk mengembalikan dana yang Minasan keluarkan untuk membeli barang-barang tersebut.
source: http://galleryhip.com/garage-sale-clothes.html
Selain Garage Sale, Minasan juga bisa mengurangi tumpukan barang tak terpakai dengan menyumbangkannya pada sesama yang membutuhkan. Pastikan barang yang disumbangkan masih layak pakai, ya!
source: http://pixshark.com/old-clothes-donation.htm
Nah, dengan tips-tips di atas, Minasan sudah tak perlu kuatir lagi pengeluaran membengkak karena belanja sembarangan. Yuk, budayakan hidup hemat!