Flat shoes dengan bahan suede sekilas terlihat mirip dengan beludru, namun keduanya berbeda sehingga cara perawatan masing-masing juga tidak sama. Bahan suede ini sangat lembut, rentan rusak dan juga mudah kotor, sehingga kadang sulit dibersihkan. Inilah beberapa tips merawat flat shoes bahan suede!



1. Jangan Bersihkan pada Titik Nodanya Saja


Jika terdapat bercak noda pada flat shoes suede kamu, sebaiknya jangan membersihkan hanya pada titik bagian noda tersebut dan dengan menggunakan banyak air. Bahan suede mudah sekali berubah warna, lebih baik singkirkan noda tersebut dengan membersihkan keseluruhan bagian sepatu menggunakan sikat suede yang dibasahi sedikit dengan air. Ingat ya ladies, hanya sedikit!

source: http://m.pakaianfashion.com/news/72/Tips-Merawat-Dan-Membersihkan-Sepatu-Suede-Kesayangan-Anda


 

baca juga



2. Gunakan Pembersih Khusus


Untuk membersihkan flat shoes suede, gunakan pembersih khusus suede atau bisa juga dengan menggunakan cuka dan tepung maizena, teteskan cuka pada noda dan gosok dengan lembut, setelah itu bersihkan keseluruhan dengan sikat suede. Jangan gunakan sabun, karena hanya akan memperparah noda pada bahan suede.

source: https://www.cryptodechange.com/product/kiwi-suede-and-nubuck-foam-cleaner-200ml/


 



3. Gunakan Suede Protector


Suede protector berguna untuk melindungi sepatu dengan bahan suede dari debu dan kotoran. Caranya mudah, yaitu cukup semprotkan merata pada sepatu kamu secara rutin. Lebih baik semprot kembali, jika ingin mengenakannya. Suede protector ini bisa diperoleh di toko sepatu dan supermarket.

source: http://www.target.com/p/kiwi-shoe-polishes-and-balms-suede-and-nubuck-protector/-/A-13127767


 

baca juga



4. Simpan di Tempat Sejuk


Jangan meletakkan atau menyimpan flat shoes suede di tempat yang terkena sinar matahari langsung, sebab warna sepatu akan mudah pudar. Jadi, simpanlah di tempat sejuk.

source: http://id.pinterest.com


 


5. Jaga Sepatu Agar Tetap Pada Bentuknya


Saat kamu tidak ingin menggunakannya dalam waktu yang lama, sebaiknya simpan di dalam kotaknya. Berilah shoe trees atau gumpalan kertas putih untuk menjaga bentuk sepatu. Jangan menggunakan koran karena bisa mudah luntur.

source: http://id.pinterest.com


 



6. Jaga Kelembapannya


Saat disimpan, masukkan beberapa kapur barus pada flat shoes-mu untuk menjaga kelembaban dan mencegah bau. Nah, biarkan kapur barus bekerja menghilangkan bau pada flat shoes-mu.

source: https://m.tokopedia.com/gizelshop/kapur-barus


 



7. Jauhi dari Bahan Kimia


Hindari flat shoes-mu dari bahan-bahan kimia yang dapat merusak warna dan bahan suede sepatu. Simpan saja ke dalam kotak yang transparan. Rapi juga bukan?

source: http://alhilalalyoum.com/news/653/15-1-2017/كيفية-تنظيم-خزانة-ثيابك-والحفاظ-علي-ملابسك

Ada baiknya kamu memperhatikan dengan benar perawatan sepatu dengan bahan suede ini. Lebih baik mencegah sambil merawatnya dengan baik, daripada terlanjur rusak dan kamu hanya akan menyesalinya kemudian. Semoga tips ini bermanfaat, Beautynesian!