1. Gunakan Hijab yang Simple

Hijab yang kamu pakai saat naik motor sebaiknya tidak berisiko tersangkut ban motor, ya ladies. Hijab instan dan hijab square memang paling simple untuk dikenakan. Tapi, kalau kamu menggunakan hijab yang panjang sampai pinggang atau lutut, pastikan hijab tidak akan tersangkut di roda motor, kamu bisa melipat bagian yang panjang dan menjepitnya dengan kedua kakimu sehingga bagian yang longgar tidak akan terbang-terbang.
 

source: https://id.pinterest.com/pin/189995678009729455/

2. Gamis atau Rok Tidak Berisiko Tersangkut

Kebanyakan hijabers memilih untuk memakai rok atau gamis karena sudah terbiasa dengan gaya syar'i. Tapi, ukuran gamis atau rok yang akan digunakan untuk naik motor harus dipertimbangkan, sebaiknya jangan memakai yang terlalu panjang karena bisa beresiko tersangkut di roda motor. Nah, solusinya kalau kamu lebih nyaman dengan rok atau gamis yang panjang dan longgar, kamu bisa mengakalinya dengan menjepit bagian yang kepanjangan dengan kakimu kok seperti hijab tadi, atau biar lebih gampang, kamu ikuti tips selanjutnya nih.

source: https://id.pinterest.com/pin/517351075914428355/
baca juga

3. Pakai Legging Sebagai Inner

Dengan memakai legging, auratmu akan tetap terjaga saat naik motor. Kaki kamu tetap ter-cover saat kamu menyelipkan bagian gamis atau rok yang kepanjangan. Legging juga melindungi kulit kakimu dari debu dan sinar matahari saat siang hari. Jangan lupa juga pakai kaos kaki agar auratmu tertutup sempurna.
source: https://id.pinterest.com/anisasutanti/hijab-style-ideas/

4. Tidak Menggunakan Aksesoris Hijab Berlebihan

Cepol yang terlalu besar atau headpiece untuk hiasan di kepala sebaiknya tidak digunakan saat kamu mengendarai motor, ya ladies. Helm yang kamu gunakan akan menekan aksesoris yang menempel di kepalamu dan bikin kepalamu kurang nyaman. Jadi sebaiknya kamu tidak menggunakan aksesoris hijab yang berlebihan, ya.
 

source: https://www.instagram.com/iymel/
baca juga

5. Jangan Letakkan Tas Sembarangan

Kasus tas yang dijambret saat mengendarai motor kebanyakan terjadi pada wanita pengendara skutermatic yang menaruh tasnya di bagian depan motor tempat injakkan kaki. Sebaiknya tas dipakai di depan badanmu , atau jika bagasi kamu luas, kamu bisa menaruhnya di bagasi.
 

source: https://cmeythasari.wordpress.com/2014/01/04/tips-muslimah-naik-motor-why-not/

Itu dia tips agar hijab tetap rapi dan aman saat berkendara motor yang perlu kamu ketahui ya. Jangan lupa pakai helm dan juga berdo'a sebelum berangkat! have a safe ride!