Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Tips memandikan kucing anggora yang pertama ialah menyiapkan seluruh peralatan yang akan dibutuhkan. Untuk memandingan kucing anggora, Beautynesian akan membutuhkan ember berukuran sedang yang berisikan air hangat, handuk, cotton buds, cangkir kecil, kapas, sisir besi, sikat mandi khusus, dan shampoo khusus.

Kamu harus menggunakan sampo khusus kucing yang bisa dibeli di toko hewan ataupun secara online. Kamu dapat menggunakan sampo dengan merk D&C, Miconazole, Virbac Sebazole dengan kisaran harga Rp50-90 ribu, atau jika budgetmu dibawah 50 ribu, kamu bisa membeli Armani Flea Tick & Aroma Theraphy. You can choose one from these 4 best shampoos for your anggora!

source: http://www.petshopindonesia.com/armani-cat-shampoo-tick-and-flea-shampo-kucing.html



Mempersiapkan Si Kucing

Selain mempersiapkan peralatan, kamu juga perlu mempersiapkan kondisi si kucing sebelum memandikannya. Untuk menghindari tanganmu dari potensi luka karena kucingmu tidak tenang saat dimandikan, sebaiknya kamu memotong kuku anggoramu terlebih dahulu. Selain itu, untuk melindungi telinganya dari kemungkinan air yang masuk, kamu dapat menyumbat kedua telinganya dengan kapas lembut.

Tidak hanya itu, agar bulu kucing anggoramu tidak kusut terkena air, sebaiknya Beautynesian menyisir terlebih dahulu bulu-bulunya dengan sisir besi untuk memastikan bahwa tidak ada bagian bulu anggoramu yang kusut sebelum mandi.

source: http://www.instructables.com/id/how-to-trim-your-cats-claws/
baca juga


Menyirami Tubuh Si Kucing dengan Air Hangat

Selanjutnya, kamu perlu memegang kucingmu dengan pelan dan memasukkannya ke dalam ember berisi air hangat. Biarkan sejenak agar kucingmu bisa beradaptasi dengan situasi yang baru di dalam ember mandinya. Kemudian, gunakan cangkir kecil atau shower untuk menyirami dan membasahi tubuh kucingmu dengan air. You need to do it gently dear.
source: https://www.animalwised.com/can-i-wash-my-cat-with-shampoo-56.html



Bersihkan Tubuh dan Bulu Anggora Dengan Sampo

Setelah tubuh dan bulu kucingmu basah, now it’s time to grab that cat shampoo! Kamu perlu meratakan sampo tersebut ke seluruh tubuh kucing, baik dengan menggunakan tanganmu ataupun sikat khusus. Tetapi ingat, sikat atau elus-elus bulunya secara satu arah atau dari atas ke bawah ya, sehingga bulu si anggora yang cantik tidak akan menjadi kusut. Anyway, kamu juga perlu berhati-hati agar sampo yang digunakan tidak mengenai bagian mata, mulut, dan telinga kucingmu ya, karena jika itu terjadi, kucingmu akan merasa perih sehingga ia mungkin memberontak heboh, and yes it will become a mess!

source: https://www.pinterest.com/explore/kinds-of-cats/
baca juga



Bilas dengan Air Bersih

Selanjutnya, kamu perlu membilas tubuh kucingmu dengan air hangat hingga bersih sempurna. Jika ingin membiarkan kucingmu santai sejenak, setelah membilas si kucing, Beautynesian bisa mengganti air bershampo di ember dengan air yang bersih dan biarkan anggoramu berendam sejenak disana. Yup, just let your lovely cat relax a bit.

source: http://www.rightthisminute.com/video/cat-enjoys-nice-soak-tub



Mengeringkan dan Menyisir Bulu Si Anggora

Langkah selanjutnya ialah mengeringkan bulu-bulu dan tubuh kucingmu. Beautynesian bisa mengeringkannya dengan handuk, blower ataupun hair dryer dengan level panas terendah. Yang perlu kamu pastikan ialah mencegah Anggora dari paparan sinar matahari sehabis mandi serta tidak menyisir bulu-bulunya dalam keadaan basah, karena kedua hal itu akan memperburuk tampilan bulu-bulunya. Selanjutnya, kamu memerlukan sisir besi khusus kucing untuk menyyisir bulunya secara satu arah, yaitu dari atas ke bawah agar bulunya tetap halus dan tidak kusut.

source: http://www.warrenphotographic.co.uk/15734-long-haired-balinese-female-cat-being-groomed-by-handler



Jangan Memandikannya Setiap Hari

Last but not least, sebaiknya Beautynesian tidak memandikan kucing anggoramu setiap hari karena dapat berdampak negatif bagi kondisi bulunya. Cukup mandikan anggora ketika ia kotor atau mandikan 1-2 kali dalam 1 bulan.

source: https://www.pinterest.com/sadiecathrina/here-kitty-kitty-~-bath-time/


Good Luck Beautynesian!