Amenore Primer

Menstruasi terjadi pada wanita yang mulai berusia sekitar 10 -14 tahun. Jika wanita yang berumur lebih dari 15 tahun belum mendapatkan masa menstruasinya, maka wanita tersebut mengalami jenis gangguan mestruasi yang disebut amenore primer. Amenore primer ini terjadi karena gangguan hormon atau masalah pertumbuhan.
source: http://www.alodokter.com

Amenore Sekunder

Gangguan menstruasi ini terjadi karena rendahnya hormon pelepas menstruasi, pil KB, stres, atau penyakit tertentu seperti tumor atau kista ovarium. Pada gangguan menstruasi ini yang terjadi adalah berhentinya siklus menstruasi selama 3 bulan atau lebih.
source: http://www.alodokter.com

Dismenore

Gangguan menstruasi lain yang terjadi adalah kondisi yang berupa rasa sakit atau nyeri atau kram yang dirasakan di bawah perut. Kram ini bisa merambat ke bagian punggung bawah hingga paha. Kondisi ini biasa dialami selama 32 hingga 48 jam sejak awal masa menstruasi. Ini normal terjadi pada saat menstruasi.
Minasan bisa mengkompresnya dengan air hangat dan minum air hangat selama menstruasi untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Jika rasa sakit ini berkepanjangan, sebaiknya Minasan hubungi dokter.
source: http://www.medikalakademi.com

Pra Menstruasi Syndrom

Gejalanya berupa mood sing, seperti emosi labil, depresi, mudah tersinggung. Atau dengan munculnya rasa nyeri atau sakit di beberapa bagian tubuh biasanya beberapa hari sebelum masa menstruasi. Cara mengatasi gangguan menstruasi ini bisa dilakukan dengan cara menenangkan pikiran, menghindari kebiasaan makanan tidak sehat, dan banyak makan makanan berserat.
source: http://reps-id.com