Memelihara ikan koi di dalam kolam rumah bukanlah hal yang sulit. Namun bagi kamu yang masih pemula dalam hal ini, beautynesia.id akan membagi beberapa tahap mudah memelihara ikan koi di rumah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini:

 

Kedalaman kolam

Membuat kolam ikan koi tidak boleh sembarangan, khususnya pada diameter kedalaman kolam. Kedalaman kolam ikan koi pada umumnya harus melebihi 80 centimeter, hal itu berguna untuk menjaga ikan dari hewan penggangu lainnya yang berada di atas air. Selain itu hal ini juga berguna sebagai pengatur suhu air, karena kedalaman air akan mengurangi bias sinar matahari, sehingga ikan tidak kepanasan di saat siang hari. Demikian juga dengan diameter lebar kolam, harus disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan kamu pelihara. Usahakan jumlah ikan tidak melebihi kapasitas kolam yang kamu miliki agar ikan koi kamu terhindar dari stres karena kolam mereka terlalu sempit.
source: http://www.ikankoi.org/budidaya-ikan-koi-di-kolam-sekaligus-sebagai-tema-desain-taman/


 

baca juga

Tanaman Pelindung Tepi Kolam

Tanaman pelindung tepi kolam ini berguna sebagai penambah oksigen kolam dan penyerap kandungan racun. Selain itu, tanaman pelindung dapat menjadi penghias kolam. Nah, untuk pemilihan tanaman, kamu bisa menggunakan tanaman air seperti teratai lili atau lotus yang memiliki bunga bewarna-warni sehingga kolam kamu terlihat lebih asri dan indah.
source: http://www.kebunbunga.net/jenis-tanaman-hias-air/


 

Menjaga Kebersihan Kolam

Kebersihan kolam ikan juga harus diperhatikan nih beautynesian! Karena kolam yang kotor dapat menyebabkan ikan menjadi cepat stres dan mudah terkena penyakit. Nah, agar kolam kamu tetap terjaga kebersihannya ada dua hal yang harus kamu lakukan yaitu:

  1. Membersihkan daun-daun yang jatuh ke dalam kolam agar kolam terhindar dari lumut dan kotoran.
  2. Memelihara ikan sapu-sapu berguna untuk menjaga kebersihan dasar kolam, karena makanan utama ikan sapu-sapu adalah kotoran dan lumut kolam.
  3. Jangan memberikan makanan yang berlebihan karena sisa sisa makanan yang tersisa akan terurai oleh air hingga air menjadi keruh.
Untuk lebih baiknya, selalu mengecek kolam kamu setiap minggunya, dan siapkan saringan untuk menyaring daun-daunan liar atau benda-benda asing yang terlihat pada kolam agar kolam kamu terjaga keasriannya.
source: http://www.fitzfishponds.com/

Semoga tips memelihara ikan koi ini bisa bermanfaat untukmu ya, Beautynesian!