Terlambat Dimulainya Sesi Latihan

Sebagai salah satu hewan peliharaan yang bisa dilatih, pelatihan terhadap anjing memang sebaiknya dimulai sejak hari pertama si anjing dibawa pulang dan tinggal di tempat tinggalmu. Jika dilakukan terlambat, anjing akan semakin bertambah tua dan mulai mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik, hanya berdasarkan insting hewannya, tanpa bimbingan manusia.

Kamu bisa mulai melatih si anjing dari jenis pelatihan yang mudah, seperti melatihnya untuk duduk, berdiri, ataupun menghampirimu jika dipanggil. Jika kamu sudah menghabiskan banyak waktu dengannya, hubungan kalian akan semakin mendalam dan tentunya usianya akan semakin meningkat, sehingga kamu bisa mulai meningkatkan level pelatihanmu. Step by step, right?

source: http://cwa.co.uk/our-approach/



Ingin Instan dan Tidak Konsisten

Ketika kamu berpikir bahwa melatih anjing dapat dilakukan dalam kurun waktu yang singkat, maka konsistensimu akan berkurang seiring belum adanya hasil signifikan yang kamu harapkan. Selain itu, kamu juga akan melatihsi anjing  dalam waktu yang singkat per sesi pelatihan. Padahal, perlu digarisbawahi bahwa melatih anjing merupakan kegiatan yang tidak instan. Sesi pelatihan yang baik biasanya berlangsung selama 10-15 menit dan dilakukan selama 2-3 kali dalam satu minggu. Selain itu, kamu juga perlu memahami bahwa pelatihan anjing tidak akan benar-benar selesai, kamu akan selalu melatih dia untuk hal-hal baru atau sekedar memperkuat kemampuannya.  So, start to think your dog training is a long-term activity and try to consistent with something that you’ve started!

source: https://www.thespruce.com/common-dog-training-mistakes-4030442
baca juga



Mengulangi Perintah

Mengulangi perintah seperti perintah ‘duduk’ berkali-kali secara beruntun, misalnya 5 kali, karena belum mendapat respon dari anjing bukanlah hal yang benar. Ketika kamu melakukan hal itu, secara tidak langsung, kamu mengajari anjingmu untuk memberikan respon setelah kamu mengucapkan kata ‘duduk’ selama 5 kali. Oleh sebab itu, cukup ucapkan satu kali dan tunggu hingga anjingmu memberi respon. Jika anjingmu belum memberi respon, tunggu hingga 10 detik dan dapatkan kembali fokus anjingmu, kemudian ulang kembali perintah tersebut. That’s how you do it dear!

source: http://www.wikihow.com/Teach-Your-Dog-Basic-Commands



Melatih Hanya pada 1 Situasi

Kamu mungkin berhasil melatih anjingmu untuk duduk ketika di dalam rumah, tetapi saat mencobanya di taman,  tiba-tiba anjingmu tidak merespon sesuai ekspektasimu. Well, itu disebabkan karena kamu melatihnya untuk duduk hanya pada 1 situasi, yaitu melatihnya hanya di rumah, tetapi tidak di area lain yang terbuka. Padahal, ruangan tertutup dan terbuka memiliki karakteristik yang berbeda, seperti lebih banyaknya gangguan, mulai dari suara hingga banyaknya orang lain di taman dibandingkan di dalam rumah, sehingga anjingmu tidak dapat fokus mendengar ucapanmu dengan baik. Untuk itu, latihlah anjingmu pada wilayah dan situasi yang berbeda sehingga ia mampu beradaptasi, berlatih, dan berhasil melakukan perintahmu di wilayah manapun.

source: http://dogstraininghelp.com/dog-potty-training-learn-how-to-stop-your-dog-making-a-mess-inside-the-house/
baca juga



Terlalu Kasar

Kesalahan utama yang sering dilakukan adalah terlalu kasar ketika melatih anjing. Tindakan kasar ini dapat meliputi banyak hal, mulai dari teriakan, bentakan, tidak diberikan makanan,  pukulan, tendangan, hingga cekikan kepada anjing ketika ia tidak mampu memberikan hasil latihan yang memuaskan, atau bahkan ketika ia dijadikan pelampiasan amarah tuannya. Tindakan kasar ini akan membuat si anjing menjadi takut dan membenci tuannya, sehingga ia tidak akan memberikan respon ketika dipanggil tuannya, atau dapat dikatakan bahwa komunikasi diantara keduanya terputus. Tentunya, tanpa terjalinnya komunikai, proses pelatihan anjing tidak akan berjalan bukan? Tidak hanya itu, tindakan yang terlalu kasar juga dapat membuat anjing menjadi agresif dan melawan, mengalami sejumlah luka-luka, bahkan mungkin meninggal. So, always keep your dog safe, happy, comfortable and try to give it some rewards so it can be easier to be trained!

source: http://caseyraystl.com/top-dog-training-mistakes-owners-make/