Sebenarnya apa sih ketombe itu? Ketombe merupakan masalah kesehatan rambut yang muncul karena ada pengelupasan sel-sel kulit mati di kepala. Pengelupasan tersebut terjadi secara berlebihan pada rambut yang ketombean. Sehingga akan menyebabkan munculnya sel-sel kulit mati berwarna putih pada bagian kulit kepala.
Berikut ini tips perawatan rambut wanita berhijab untuk mengatasi ketombe dengan bahan-bahan alami :


 

Cuka

Merasa aneh saat mendengar kata cuka? Yup memang benar, gunakan cuka untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Kamu cukup membilas rambut menggunakan larutan cuka putih. Cuka bekerja secara efektif menyingkirkan kulit mati yang menjadi calon ketombe. Tenang saja, cuka tidak akan mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat. Selain itu ia akan membuat rambut berkilau dan tambah lebat jika rutin dipakai.

source: https://www.amazon.com/Heinz-25664-Distilled-White-Vinegar/dp/B001QD5XHK

 
baca juga

Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya adalah lidah buaya. Kamu pasti sudah tahu, bahwa lidah buaya memang biasa untuk menangani masalah pada rambut. Lidah buaya ini dapat kamu gunakan sebagai penghilang ketombe lho. Caranya sangat mudah, gosokkan pada kulit kepala, lalu diamkan selama 20 menit, dan bilas hingga bersih. You must try it!

source: http://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-aloe-vera-for-skin-hair-and-health/#gref

 

Jeruk Nipis dan Santan

Pakai jeruk nipis dan santan? Bahan alami yang biasa ada di dapur ini bisa lho untuk mengatasi si ketombe. Campurkan kedua bahan ini, lalu oleskan pada rambut dan pastikan hingga ke bagian kulit kepala. Bilas hingga bersih setelah kamu diamkan selama 20 menit.

source: https://www.merdeka.com/gaya/sehatkan-kembali-rambut-yang-rusak-dalam-semalam-dengan-4-masker-ini.html

 
baca juga

Lemon

Lemon memang enak bila dikonsumsi menjadi minuman. Ternyata ia juga punya manfaat lain. Cara menghilangkan ketombe dengan lemon ini juga sangat mudah. Peras buah lemon kemudian gunakan untuk membasuh kulit kepala kamu.

source: https://medjimurje.hr/magazin/biljke-i-gljive/cuvanje-limuna-koji-su-uvjeti-cuvanja-limuna-12206/

 

Kangkung

Pasti kamu sering memakan sayur kangkung. Selain lezat, ternyata kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat ketombe. Rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, gunakan air rebusan ini untuk mencuci rambut dan kepala kamu.

source: http://www.arbamedia.com/2016/08/manfaat-kangkung.html

 

Garam

Kalau bahan yang satu ini, sudah tentu sangat mudah ditemukan karena paling sering digunakan dalam memasak sehari-hari. Caranya mudah, basahi kepala kamu dengan air bersih seperti proses keramas. Kemudian taburkan sedikit garam dan gosokkan pada kulit kepala. Garam ini berguna sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu, jangan lupa keramas menggunakan sampo seperti biasa.

source: http://www.saltsistersonline.com/resources/info-guide.html
Jangan berlarut-larut membiarkan ketombe mengganggu aktivitasmu dan membuat kulit kepala yang tertutup oleh jilbab menjadi gatal. Yuk coba beberapa bahan alami tersebut yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi ketombe membandel. Happy trying!