Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sahur

Ladies, hal utama yang perlu diingat bagi para ibu hamil ketika sahur adalah perlu bangun lebih awal dari biasanya. Tentu saja demikian, karena kamu tidak boleh makan sahur dengan terburu-buru, karena hal tersebut tidak baik untuk pencernaan. So, pastikan alarm atau sang suami tidak telat membangunkan sahur yah!

Nah, ini dia menu yang perlu diperhatikan saat makan sahur:
 

  • Konsumsi buah-buahan dan sayur yang cukup. Bahkan untuk kamu yang tidak doyan sayur atau buah sebelumnya, usahakan demi kesehatan sang janin, kali ini kamu mau mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat. Hal ini penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat sang ibu dan mengindari konstipasi.
  • Aturlah menu dengan gizi yang seimbang. Pada umumnya, gizi yang diperlukan oleh ibu hamil adalah 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Lemak dan protein dapat bertahan lebih lama dalam pencernaan sehingga dapat membuat sang ibu kenyang lebih lama. Daging merupakan salah satu menu yang pas untuk sahur.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan Seng supaya tubuh tetap fit sepanjang hari.
  • Untuk menambah energi saat berpuasa, disarankan untuk meminum susu pada saat sahur. Namun jangan meminum susu yang terlalu manis supaya tubuh tidak cepat lapar akibat insulin shock.
  • Usahakan hindari makanan pedas, karena akan mengganggu pencernaan ibu hamil.
  • Jika ada obat yang perlu diminum, jangan lupa untuk dikonsumsi yah!
  • Hal terakhir yang paling penting adalah mengonsumsi banyak-banyak air putih. Supaya saat berpuasa tidak dehidrasi dan kuat hingga berbuka.
source: http://pontianak.tribunnews.com/2015/06/18/ibu-hamil-mau-puasa-konsultasi-dahulu-ke-dokter


 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berbuka Puasa

Itu tadi tips menu saat sahur, sekarang saatnya kamu mengetahui menu apa saja yang cocok untuk berbuka puasa bagi ibu hamil. Wajar saja kalau disaat hamil, buka puasa merupakan momen yang lebih ditunggu-tunggu dari biasanya, karena rasa sekarang ini pasti kamu merasakan rasa lapar dan haus yang lebih dibanding dengan ketika tidak hamil. Bagaimana tidak? Ada bayi mungil yang membutuhkan asupan dalam perutmu!

Namun, kamu tidak boleh melahap terlalu banyak makanan dan perlu menyeleksi makanan-makanan tertentu saja yang sehat untuk kamu dan janinmu. Berikut ini tipsnya:
 

  • Saat berbuka puasa, jangan langsung meminum es atau minuman dingin, karena hal ini bisa membuat perut kembung akibat produksi asam lambung yang meningkat.
  • Usahakan mengonsumsi sesuatu yang manis dan hangat, dan jangan lupa perhatikan pemanis yang kamu gunakan. Pilihlah pemanis tertentu yang aman dan secukupnya saja.
  • Lebih baik kamu mengonsumsi makanan tinggi serat terlebih dahulu, seperti sayur dan buah. Makanan yang kaya akan serat ini akan dicerna dalam waktu cukup lama sehingga lambung tidak kaget dan bisa bersiap secara perlahan.
  • Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan berat. Solat maghrib saja terlebih dahulu, agar terdapat jeda pada sistem pencernaan.
  • Baru seusai solat maghrib kamu bisa mengonsumsi makanan berat, namun ingat, tetap secukupnya saja ya! Makanan dalam jumlah besar justru bisa membuat tubuh lemas. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang mudah diserap tubuh.
source: http://lizylife.com/tips-puasa-saat-hamil/

Semoga tips puasa saat hamil saat hamil ini bisa membantumu! Namun ingat, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu mengenai kondisi tubuh, apakah kamu dianjurkan untuk berpuasa atau tidak. Good luck!