Pertama-tama, sebelum mengikuti tips puasa ibu menyusui di bawah ini, kamu wajib berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Sebab, dokterlah yang lebih tahu apakah kondisi tubuhmu memungkinkan kamu untuk berpuasa meski sedang menyusui atau tidak. Jika tidak, kamu tak perlu kecewa, karena untuk ibu yang sedang menyusui, berpuasa bisa digantikan dengan membayar fidyah ataupun puasa di hari lain.

Namun, jika sekiranya kamu sanggup untuk berpuasa, maka hal-hal inilah tips puasa ibu menyusui yang perlu diperhatikan.

source: http://bidanku.com/Tips-Puasa-Bagi-Ibu-Menyusui/


 

Minum yang Cukup

Untuk memenuhi cairan tubuh selama berpuasa dan demi menghindari dehidrasi, kamu wajib mengonsumsi air putih yang cukup mulai dari berbuka hingga sahur. Usahakan, memenuhi jumlah yang disarankan, yaitu 2 liter setiap hari. Jika bosan dengan air putih, kamu juga bisa mengonsumsi minuman lain seperti jus, susu, atau air madu. Disarankan untuk berbuka puasa tetap dengan air hangat, meskipun rasanya saat berbuka kamu sedang haus-hausnya dan menginginkan minuman dingin agar terasa segar. Hal ini dikarenakan minuman hangat dapat merangasang kelancaran ASI dengan lebih baik. 


 

baca juga

Jaga Pola Makan

Nah, selain minum cukup, tentunya kamu juga harus menjaga pola makanmu. Nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar ASI-nya tetap berkualitas untuk sang bayi. Cara menjaga pola makan saat bulan puasa adalah, setidaknya makan sebanyak 3 kali selama waktu setelah berbuka hingga sahur. Penuhi kebutuhan nutrisi kamu, yaitu 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Sebenarnya berapapun frekuensi makanmu, yang penting kebutuhan nutrisi tersebut terpenuhi dan istirahat yang cukup.


 

Konsumsi Suplemen

Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga pola makan, akan lebih baik lagi kamu juga mengonsumsi suplemen seperti madu kesehatan, kurma, atau habbatussauda. Dengan beberapa suplemen ini, kualitas ASI akan tetap terjaga, dan kesehatan sang ibu pun akan lebih terjaga. Sebab, beberapa suplemen ini mengandung vitamin alami lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh setiap orang, apalagi ibu menyusui.
 

source: http://masirul.com/manfaat-asi/

Itulah tips-tipsnya, semoga bermanfaat dan lancar berpuasa yah, Beautynesian!