source: http://www.superindo.co.id/resep_dan_tips/tips_dan_trik/tips_memasak_sayuran_tetap_sehat

Dikukus

Ternyata mengukus adalah cara terbaik mengolah sayur agar nutrisinya tidak hilang. Selain dapat mempertahankan gizi, nutrisi, dan vitamin sayuran, dengan mengukus, kamu juga tidak perlu menunggu sayuran matang berlama-lama, hanya dalam waktu singkat, sayuran pun siap disantap.

baca juga

Menggunakan Microwave

Meskipun banyak opini yang berbeda-beda mengenai cara mengolah sayuran dengan menggunakan microwave, cara ini termasuk salah satu cara sehat untuk mengolah sayuran. Pasanya, 70% nutrisi sayuran masih akan tetap terjaga jika kamu mengolahnya dengan menggunakan microwave.

Memasak Tanpa Menggunakan Air

Kamu juga bisa mengolah sayuran dengan sehat tanpa memasaknya dengan menggunakan air. Cara ini paling baik dilakukan pada sayur-sayuran yang berdaun hijau agar nutrisinya tidak hilang dan tetap terjaga. Kamu cukup mengandalkan air yang menempel pada sayuran yang baru saja dicuci. Cara ini biasanya memerlukan sekitar 3-5 menit supaya sayur matang.

baca juga

Dipanggang

Nih, untuk kamu yang suka BBQ party dan memanggang di rumah, kamu bisa juga memanggang sayuran dan menjaga agar nutrisinya tetap ada. Yang penting, janga memanggangnya hingga terlalu kering, sebab, kulit sayuran merupakan penjaga sebagian besar gizi pada sayur. Sehingga kalau kulit sayuran sudah terlalu kering, otomatis nutrisinya akan hilang. 

Direbus

Meskipun merebus sayur nampaknya mudah dan tetap sehat, kamu perlu hati-hati lho supaya tetap menjaga kandungan nutrisinya. Pastikan kamu menggunakan air masak dan tidak merebus sayur terlalu lama. Sebab, sayur yang layu akan kehilangan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat.

Ditumis

Terakhir, kamu juga bisa menumis sayur, namun tetap menjaga nutrisinya. Yang perlu kamu perhatikan adalah minyaknya. Jangan menggunakan minyak sayur yang mengandung lemak trans yah, dan kalau bisa, tak perlu membuang minyak dari tumisan, karena biasanya vitamin sayur akan tercampur bersama minyak

source: https://resepmedia.com/cara-mudah-membuat-aneka-macam-sayur-bening.html

Semoga cara-cara mengolah sayuran di atas bermanfaat yah!