Siapkan Bahan dan Peralatan

Untuk menghilangkan noda cat kuku pada baju, kita perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan, yaitu:

  • Nail polish remover (aseton)
  • Kain handuk
  • Kain lembut
source: https://www.ifixit.com/Guide/How+to+Reuse+Dry+Nail+Polish/40157


 

baca juga

Baca Label Petunjuk Perawatan

Baju yang terkena noda cat kuku bisa dibersihkan dengan memakai aseton, tapi ada beberapa jenis pakaian yang justru bisa rusak kalau terkena bahan kimia ini. Sebelum mengoleskan aseton, pastikan baju kita tidak terbuat dari kain yang mengandung asetat, triasetat, dan modacrylic. Kalau baju kita ternyata terbuat dari tiga bahan tersebut, sebaiknya urungkan niat untuk membersihkannya dengan aseton.

source: http://newzmagazine.com/2017/03/14/15-surprising-labels-show-always-good-check-tags/


 

Lakukan Tes Pada Kain

Meskipun sudah memeriksa label petunjuk perawatan pada baju yang terkena noda cat kuku, akan lebih baik kalau kita tetap melakukan tes sebelum mengoleskan aseton. Caranya, teteskan sedikit aseton pada bagian baju yang agak tersembunyi, misalnya di bagian kerah. Amati apakah ada perubahan warna. Kalau tidak ada perubahan, kita bisa melanjutkan untuk membersihkan noda itu.

source: http://www.wikihow.com/Make-Clothing-Stain-Remover-with-Peroxide


 

baca juga

Hilangkan Noda Cat Kuku Pada Baju

Setelah yakin kalau baju tidak akan rusak karena aseton, kita bisa mulai melakukan proses pembersihan. Cara menghilangkan cat kuku pada baju bisa kita lakukan dengan menaruh handuk di bawah baju. Lalu, teteskan aseton ke kain lembut dan usap perlahan pada pakaian yang ternoda. Ulangi langkah ini sampai semua noda berpindah ke handuk yang ada di bawah baju. Setelah noda cat kuku berhasil hilang, kita bisa mencuci pakaian dengan deterjen yang lembut dan mengeringkannya.

source: http://www.wikihow.com/Remove-Beer-Stains-from-Fabric