1. Mencuci Jeans Terlalu Sering

Penyebab celana jeans melar salah satunya adalah terlalu sering dicuci. Sebab, jika terlalu sering terkena air serta bahan kimia, maka seratnya akan mudah rusak. Kamu bisa mencucinya minimal 3-4 kali setelah kamu kenakan. Jika ingin menghilangkan bau tidak sedap, kamu bisa menggunakan uap (mesin steamer baju). Sekaligus steamer akan menjaga agar jeans tetap rapi dan tidak kusut.

source: http://www.ainuljeans.com/2016/03/inilah-7-cara-mudah-mencuci-celana.html#.WRbelOuGPIU


 

baca juga

2. Mencuci dengan Air Panas

Air panas bisa membuat serat celana jeans menjadi cepat rapuh. Untuk itu, hindari mencuci jeans dengan air panas guna menghindari celana jeans kamu jadi melar. Sebaliknya, kamu harus mencucinya dengan air dingin, karena air dingin membuat seratnya akan tetap sama. Selain itu, air dingin juga tidak akan menurunkan kualitas warna pada jeans-mu.

source: http://www.wikihow.com/Remove-Chewing-Gum-from-Jeans


 

3. Mengenakan Jeans Tidak Sesuai Ukuran

Jangan memaksakan ukuran celana yang sebenarnya tidak sesuai dengan ukuran tubuhmu, karena hal itu akan membuat kualitas serat jeans menjadi jelek. Misalnya jika jeans terlalu kecil dan tidak pas akan membuat jeans menjadi melar. Selain itu, celana jeans yang tidak sesuai juga akan membuat penampilanmu terlihat tidak sedap dipandang, dan juga kamu jadi tidak bisa bebas bergerak karena jeans yang kesempitan. 

source: https://life.idntimes.com/women/fafa/9-inspirasi-mix-and-match-agar-celana-jeans-mu-tampak-lebih-stylish


 

baca juga

4. Memeras Celana Jeans Terlalu Kencang

Jika kamu mencuci jeans dengan tangan, kamu pasti akan memeras celana jeans untuk dijemur. Nah, pada proses ini sebaiknya kamu berhati-hati, ya, Beautynesian. Sebab memerasnya terlalu kencang akan membuat jeans menjadi cepat melar. Sebaiknya kamu lipat dulu menjadi dua bagian, baru kamu peras dengan perlahan. Jika kamu memerasnya dengan kencang, akan membuat serat jeans menjadi mudah sobek juga, lho. 
source: http://coralfloat.com/blog/tips-merawat-cela-jeans-agar-tetap-awet/


 

5. Kurangi Meletakan Banyak Benda di Kantong

Terlalu banyak benda di kantong celana secara otomatis akan membuat serat jeans menjadi cepat melar. Sebab, meski bahan jeans terlihat tebal, namun sebenarnya bahan jeans itu elastis dan mengikuti bentuk kaki. Nah, kalau di kantongmu banyak benda, baik kantong depan ataupun belakang akan menimbulkan pemandangan yang kurang bagus, serta membuat jeans cepat melar dan mudah sobek.

source: https://id.aliexpress.com/promotion/apparel_hand-wash-jeans-promotion.html