1. Pergunakan Air Dingin


Cara mencuci celana jeans dengan tangan yang perlu dilakukan pertama, kamu harus menyiapkan air dingin dalam sebuah wadah. Penggunaan air dingin adalah untuk menjaga kualitas warna dan juga serat pada jeans. Dibandingan air hangat atau panas yang justru membuat serat celana jeans cepat rapuh. Kamu bisa gunakan air dingin hingga tingginya mencapai setengah wadah. Jangan lupa untuk membalik permukaan celana jeans sehingga permukaan dalam yang berada di luar. Baru setelah itu masukan celana jeans ke dalam wadah.

source: http://shareqolbu.blogspot.co.id/



2. Gunakan Detergen dengan Takaran yang Pas


Takaran detergen yang disarankan adalah sekitar 1/2 sdm. Kemudian rendam selama 30 menit atau paling lama 1 jam. Itulah waktu yang pas ketika merendam pakaian. Jika takaran atau waktunya berlebihan, akan membuat kualitas warna jeans justru menurun dan juga seratnya jadi cepat rapuh karena terkena bahan kimia pada detergen. Namun, akan lebih baik jika kamu merendamnya cukup dengan garam atau cuka putih agar lebih aman. Selain karena tidak ada bahan kimia, dan juga kedua bahan ini terbilang ampuh dalam mengilangkan noda atau kuman.

source: http://www.clean-organized-family-home.com/laundry-tips-for-jeans.html#sthash.0zcAIQUz.dpbs
baca juga



3. Pastikan Sikat Tidak Berbulu Kasar


Jika jeans-mu tidak terdapat noda membandel, maka kamu tidak perlu menggunakan sikat. Cukup merendam dan menggosoknya perlahan. Namun, jika kamu tetap ingin menggunakan sikat, kamu harus menggunakan sikat yang bulu sikatnya tipis dan permukaannya halus. Ini menghindari rapuhnya serat jeans jika kamu menggosoknya terlalu kencang. Untuk itu jika mencuci jeans jangan terlalu keras, sepanjang kuman dan noda sudah hilang, kamu bisa menyikatnya dengan perlahan.

source: https://www.monotaro.id/corp_id/s000002849.html



4. Hati-hati Saat Memeras Celana


Setelah merendam dan mencucinya pasti celana jeans akan menjadi lebih berat karena sudah menyerap air. Maka, untuk memudahkanmu, kamu harus memeras air yang sudah terserap dengan perlahan dan tidak terlalu kencang. Kamu bisa melipatnya terlebih dahulu, lalu peras dengan pelan agar tidak cepat melar. Atau kamu bisa menghindari penyerapan air yang berlebihan dengan cara merendamnya dengan singkat. Gunakan teknik seperti mencelup secara berulang. Teknik celup dan angkat secara berulang ini akan mengurangi tingkat penyerapan air, sehingga jeans pun tidak terlalu berat.

source: https://gearjunkie.com/do-not-wash-your-jeans