1. Mengenakannya dengan Hati - Hati


Jika kamu menyayangi jeans-mu, kamu pasti tidak mau ceroboh mengenakannya. Nah, cara termudahnya ialah dengan jangan menariknya terlalu kencang ketika ingin dipakai. Setelah itu, ketika kamu sudah mengenakannya, hindari posisi jongkok, karena akan membuat serat jeans menjadi elastis, terutama pada bagian dengkul. Yang terakhir ialah, jangan meletakkan banyak benda di kantong celana jeans. Selain mudah elastis, bisa-bisa membuat seratnya menjadi robek. 

source: http://baggout.com/blog/2016/10/18/8-retro-fashion-trends-made-outstanding-comeback/


 

2. Mencuci dengan Tangan


Untuk memastikan apakah jeans kamu tergesek dengan permukaan kasar pada mesin cuci, kamu bisa mencucinya dengan tangan. Ini akan lebih aman, sebab kamu sendiri yang mengusap permukaannya. Untuk itu, sebaiknya kucek dengan tangan dan jangan menggunakan sikat. Kalaupun mengenakan sikat, kamu harus memilih sikat dengan bulu sikat yang tipis dan permukaannya halus. Mencuci dengan tangan juga akan membuatmu lebih teliti mengecek bagian-bagian jeans. Baik noda ataupun sisi yang mulai melar sehingga akan menjadi concern kamu untuk lebih hati-hati mengenakannya.

source: http://content.hudsonjeans.com/finally-this-is-how-often-you-should-wash-your-denim


 

baca juga

3. Jangan Sering Mencucinya


Jeans merupakan pakaian dengan bahan denim yang bertekstur tebal dan lebih keras. Untuk itu, jenis denim memang tidak perlu sering dicuci. Sebab, jika sering terkena sikat atau mesin cuci ditambah bahan-bahan kimia pada detergen, akan membuat jeans cepat rusak dan warnanya memudar. Dan seringkali setelah dicuci, jeans perlahan akan mulai melar. Jika memang ada noda membandel di celanamu, kamu tidak perlu mennggosok dengan sikat di seluruh permukaan jeans, melainkan kamu bisa menggosoknya di tempat noda. Di sisi lain, jika kamu mencuci jeans dengan tujuan menghilangkan noda di satu sisi, kamu tidak perlu mencuci seluruhnya, cukup membersihkan sisi bernoda di wastafel.

source: http://says.com/my/lifestyle/fact-or-fake-55-does-freezing-your-jeans-really-clean-them-of-bacteria


 

4. Hindari Hanger dari Besi


Menghindari permukaan jeans yang melar belum tentu terselesaikan dengan menyimpanya dalam keadaan terlipat. Sebaliknya kamu bisa menggantungnya dengan hanger. Melipat akan membuatnya semakin elastis dan terlihat bekas lipatannya. Namun, kamu juga harus teliti dalam memilih jenis hanger. Hanger umumnya terdiri dari bahan plastik juga ada yang terbuat dari besi. Nah, hindari menggunakan hanger dari besi, ya, Beautynesian. Sebab, sifat besi yang keras akan membuat permukaan jeans elastis dan cepat melar. Kamu harusnya memilih hanger dari bahan plastik namun tetap kuat menopang beratnya bahan jeans. Hanger plastik tidak meninggalkan bekas yang akan membuat jeans jadi melar.

source: http://www.allevol.com/how-to-wash-jeans.html