Awal pertama anak anjing lahir, hal yang harus kamu lakukan adalah memperkenalkan lingkungan yang akan menjadi tempat tinggalnya. Usahakan tidak boleh ada binatang peliharaan lain yang terlihat terlebih dahulu, agar ia tidak merasa kaget dengan lingkungannya yang baru. Coba peganglah ia dengan kedua tangan kamu dan manjakan.
source: https://www.videoblocks.com

Oh iya, sebelum kamu merawat anak anjing tersebut, ada beberapa benda yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, yaitu:
  1. Makanan beserta tempat makan dan minum khusus.
  2. Tanda pengenal atau kalung (dog tag).
  3. Tempat tidur yang empuk dan nyaman.
  4. Peralatan mandi (sikat, sisir, sampo).
  5. Mainan kunyah untuk menenangkan saat masa pertumbuhan gigi anak anjing.
Untuk pembelian benda-benda tersebut kamu bisa langsung kunjungi toko hewan terdekat agar kualitas item yang dibeli terjamin.
source: http://anjingdijual.com
Setelah alat-alat persiapan kamu sudah lengkap, mulailah hari hari menyenangkan dengan hewan peliharaan barumu ini. Nah, sebelum kamu bersenang-senang, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Anak anjing memperlukan space untuknya dirinya sendiri. Berikan dia tempat tidur yang tertutup agar ia merasa nyaman. Kamu juga boleh menambahkan alas seperti sprei lama atau handuk.
  2. Pilihlah makanan yang tepat dan mudah untuk dicerna serta bernutrisi cukup. Jangan lupa, penting untuk kamu memilih formula yang sesuai dengan ukuran ras anjing.
  3. Meskipun tubuhnya masih kecil, anak anjing membutuhkan gizi yang lebih banyak daripada anjing dewasa. Pada umumnya, anak anjing yang baru lahir menerima nutrisi seluruhnya dari susu induknya selama empat minggu pertama. Setelah itu, makanan padat dapat ditambah secara bertahap ke makanannya sekitar 6-8 minggu.
Semoga tips memelihara anjing versi beautynesia.id bermanfaat untukmu!