Merkuri : Logam Berat Sebagai Pemutih

Bahan yang satu ini adalah bahan yang paling populer digunakan oleh produsen kosmetik. Merkuri sebenarnya adalah logam berat yang beracun, yang dalam jumlah sedikit pun dapat bersifat racun. Akan tetapi, merkuri sering disalahgunakan sebagai bahan pemutih dalam krim/lotion pemutih kulit.

Efek samping dari pemakaian merkuri dapat diamati dari berbagai gejala. Misalnya perubahan warna kulit, alergi, iritasi kulit, dan bahkan kerusakan permanen pada susunan saraf otak. Tidak hanya itu, Merkuri yang menyerap dalam tubuh juga mengancam kesehatan ginjal dan menyebabkan gangguan perkembangan janin (teratogenik). Yang paling mengerikan, merkuri juga termasuk dalam zat karsinogenik (zat penyebab kanker).

source: https://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/20195-inilah-ciri-ciri-kosmetik-yang-mengandung-merkuri.html


 

baca juga

Hidrokinon : Zat Kimia Berbahaya Bagi Kulit

Hidrokinon adalah zat kimia yang biasa digunakan sebagai pengeras kuku. Namun, para produsen kosmetik gelap sering menggunakan hidrokinon sebagai bahan dasar pada krim atau lotion pemutih kulit.

Zat ini dilarang untuk digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit karena dapat menyebabkan hilangnya pigmen kulit. Warna kulit si pemakai akan terlihat pucat tidak beraturan. Krim pemutih berbahan hidrokinon yang menyerap pada kulit dapat menyebabkan kerusakan DNA. Selain itu, Zat ini juga bersifat karsinogenik pada pemakaian jangka panjang.

source: http://www.livestrong.com/article/311652-dry-cracked-skin-between-the-fingers/


 

Tretinoin : Obat Peeling Berbahaya

Tretinoin atau yang biasa dikenal sebagai Asam Retinoat dan Retionic Acid sering kali disalahgunakan dalam kandungan obat peeling, obat jerawat dan krim pemutih yang bekerja dengan proses pengelupasan kulit. Efek samping yang dirasakan jika terpapar zat ini adalah kulit kering, kulit terbakar dan teratogenik.

Tiga zat berbahaya ini sudah banyak sekali digunakan dalam kandungan produk kecantikan. Oleh sebab itu, kamu wajib memeriksa kembali kandungan produk yang akan kamu gunakan.

source: https://avscientificsupportarsenal.wordpress.com/

Nah, itulah bahan kimia berbahaya yang harus kamu hindari. Pastikan zat-zat ini tidak ada dalam list ingredients rekomendasi makeup halal yang ingin kamu beli. Kamu juga bisa memeriksa daftar kosmetik BPOM berbahaya pada website resmi BPOM. Semoga bermanfaat!