Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk dijalani selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan yoga memberikan sejumlah manfaat bahkan mampu menjadi solusi bagi sejumlah permasalahan yang dialami oleh ibu hamil. Memang lebih baik jika dilakukan secara bersama-sama pada sebuah kelas yoga khusus ibu hamil, sehingga terdapat instruktur yoga yang akan mempraktikkan gerakan yoga serta membantu dan menjaga keamanan para ibu hamil yang tengah melakukan gerakan yoga.

Namun, terkadang muncul satu dan lain hal yang tidak diprediksi yang mampu membuat kamu tidak dapat menghadiri kelas yoga-mu. Jika sudah seperti itu, Beautynesian jangan terlalu pusing memikirkannya, karena akan berpengaruh pada janin yang sedang dikandung. Lebih lanjut, kamu dapat mengganti kelas yoga-mu dengan melakukan 3 gerakan yoga untuk ibu hamil muda ini yang dijamin aman untuk dilakukan di luar kelas dan aman bagi trimester pertama.

Lebih serunya lagi, Beautynesian juga dapat memiliki waktu berdua bersama pasangan dengan meminta bantuannya untuk membantu dan menjagamu selama melakukan 3 gerakan ini! Sounds great, right? So, let’s try this easy yoga moves!



Ardha Titali Asan (Half Butterfly)

Pertama-tama, duduk tegak di atas yoga mat dan luruskan kedua kakimu kedepan. Kemudian tekuk kaki kanan ke atas paha kiri, sehingga tumit kaki kananmu mengenai persendian antar tulang paha dan tulang panggulmu dan lutut kananmu akan terangkat. Kemudian, telakkan tangan kananmu pada lutut kananmu, serta pegang ibu jari kaki kananmu dengan tangan kiri.

Sambil menarik napas, secara perlahan gerakkan lutut kananmu ke atas, ke arah dada. Selanjutnya, ketika menghembuskan nafas, dorong kembali lutut kananmu secara perlahan ke arah bawah dan coba menyentuh yoga mat-mu. Lakukan juga gerakan ini pada kaki kirimu. Gerakan ini sebaiknya dilakukan hingga 10 kali untuk masing-masing kaki.

source: http://www.yogaindailylife.org/system/en/level-1/sarva-hita-asanas-part-1/half-butterfly


Kandharasan (Bridge)

Pertama-tama, berbaringlah di atas yoga mat-mu serta pastikan punggungmu melekat pada panah dan luruskan kedua tangan di samping pinggang. Selanjutnya, tekuk kedua dengan posisi telapak kaki yang menginjak yoga mat dan buka kedua kakimu selebar bahu. Tarik dan buang nafasmu, kemudian kencangkan otot perut dan otot pahamu dan angkatlah pinggulmu ke atas, sehingga bahu hingga lututmu membentuk garis lurus.

Untuk menjaga keseimbangan, kamu dapat memegang kedua pergelangan kakimu dengan kedua tanganmu sebelum mengangkat pinggulmu. Tahan posisi ini selama yang kamu mampu, kurang-lebih sekitar 5-10 detik, kemudian kembali ke posisi semula. Gerakan ini sebaiknya dilakukan sebanyak 10-20 kali.

source: http://www.parents.com/getting-pregnant/pre-pregnancy-health/exercise/fertility-yoga-how-to-do-a-bridge-pose/


Tadasan (Palm Tree Pose)

Pertama-tama, berdirilah dengan kedua kaki merapat dan letakkan kedua tangan di sisi tubuh. Kunci jari-jari tangamu (seperti bentuk tangan ketika berdoa), angkat dan luruskan kedua tangan ke atas kepala dengan posisi telapak tangan kearah atas atau luar. Sambil menarik nafas, berjinjitlah ke atas dan regangkan seluruh tubuhmu. Kemudian, buanglah nafas dan kembali ke posisi semula. Gerakan ini sebaiknya kamu lakukan 5-10 kali.

source: http://www.satyaliveyoga.com.au/2012/11/06/tadasana/

Selamat mencoba and keep healthy, ladies!