Berbelanja segala jenis produk kebutuhan hidup kini bisa kita lakukan dimana saja. Kosmetik sebagai kebutuhan primer kaum hawa juga bisa dibelia via online melalui berbagai jenis sosial media atau situs e-commerce. Namun, perlu Beautynesian ketahui pula, kalau tidak sedikit seller yang menipu calon pembelinya menjual produk imitasi dengan harga yang selangit, produk yang sampai di tangan pelanggan pun kerap tidak sama persis dengan yang ditunjukkan pada gambar. Wah, kalau sudah seperti ini, bukannya terbantu justru merasa insecure ya, Beautynesian.

Nah, untuk menghilangkan rasa insecure-mu itu, ini dia 5 tips belanja kosmetik di online shop biar kamu tidak rugi. Yuk, simak!


 

Pastikan Kalau Produk yang Dijual Itu Asli

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu kalau produk kosmetik yang dijual di online shop tempat kamu akan membeli itu produk asli. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari testimoni yang biasanya di-share oleh si admin online shop incaran kamu itu. Kalau perlu, kamu bisa tanya langsung ke admin untuk memastikan apakah ada jaminannya kalau produk yang dijualnya itu original. Pastinya tanya dengan cara yang baik dan ramah ya, Beautynesian.

source: http://wom.works/

Kalau kamu masih ragu, kamu bisa langsung menghubungi admin agar lebih pasti lagi keasliannya, kamu bisa bertanya apakah gambar yang dipajang di linimasa akun online shop itu real picture ataukah hanya reupload. Nah, kalau dia hanya me-reupload, kamu bisa minta real picturenya untuk dikirimkan ke akun sosial media kamu. Kalau si online shop itu tidak merespon,hal ini patut untuk kamu curigai.

 

baca juga

Pastikan Produk Kosmetik Aman & Terpercaya

Setelah kamu sudah yakin produk kosmetik yang akan kamu beli itu asli alias original dan bukan abal-abal, kamu bisa langsung cari tahu lagi mengenai keamanan dan kualitas produk kosmetik incaran kamu. Caranya, kamu cukup mengunjungi situs resmi produk kosmetik, baca kandungan apa saja yang terdapat dalam produk, dan lihat apakah produk itu sudah memiliki daftar atau kode keamanan dari negara asalnya. Untuk membandingkan harga di online shop, kamu bisa cari tahu juga di situs resminya.

source: http://catatanifsoulcryknew77.blogspot.co.id/2011_10_01_archive.html


 

Jangan Membeli Jika Belum Pernah Mencoba Tester

Jika Beautynesian merupakan pelanggan baru atau baru kali pertama mencoba produk kosmetik yang akan kamu beli, sebaiknya jangan membeli via online shop kalau tidak mau kecewa karena ternyata kamu tidak cocok dengan tekstur lipstik, foundation, ataupun produk lainnya, karena tiap kulit akan berbeda hasilnya. Carilah toko resmi atau beauty house dari produk yang hendak kamu beli untuk pemakaian pertama. Jika dirasa sudah cocok dan pas, kamu baru bisa melanjutkan membeli produk tersebut via online shop.

source: https://www.bezahlte-umfragen.net/kosmetiktester.php

Atau untuk kamu yang merasa yakin walau baru kali pertama mencoba dan berminat membeli produk kosmetik di toko online, kamu bisa melihat ulasan-ulasan penggunaan produk kosmetik incaran kamu dengan mengunjungi blog-blog para beauty blogger, atau menonton video product review.

 

baca juga

Cari Tahu Tentang Retur Produk

Nah, tahap selanjutnya, kalau kamu sudah yakin akan membeli, sebaiknya kamu tanya ke admin online shop tersebut mengenai cara retur barang. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga kalau nanti perlu mengembalikan produk yang kamu sudah beli karena cacat ataupun hal mengecewakan lainnya. Kalau di toko tempat kamu membeli tidak menyediakan fasilitas retur, ada baiknya kamu pertimbangkan lagi niat kamu untuk membeli di situ.

source: http://www.eldiariodecarlospaz.com/mundo/2016/3/3/quiso-sorpresa-madre-pero-delivery-arruino-22514.html

Jika online shop tersebut menyediakan fasilitas retur produk, nah kamu bisa tanyakan bagaimana prosedurnya. Hal-hal seperti syarat pereturan, dan ketentuannya apa saja bisa kamu tanyakan dan perlu kamu catat agar kamu tidak merasa rugi. Biasanya toko online yang jujur dan bertanggung jawab akan dengan senang hati melayani pelanggan yang meretur barang.

 

Lakukan Pembelian Awal dengan Jumlah Transaksi Kecil

Untuk meminimalisir kemungkinan penipuan lainnya, kamu juga bisa melakukan pembelian awal dengan jumlah transaksi yang kecil terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar bertujuan untuk mempelajari bagaimana kinerja, pelayanan dan produk yang dijual oleh online shop tersebut. Anggaplah sebagai percobaan.

source: http://www.iobh.org.uk/?q=content/experience

Walaupun tidak semua seller menipu dan tidak bertanggung jawab, namun waspada dan hati-hati harus tetap kamu lakukan saat berbelanja via online shop. Jangan sampai Beautynesian menjadi korban penipuan, apalagi setelah membaca artikel ini. So, be a smart buyer ya, Beautynesian!