Teh Hijau

Teh hijau banyak sekali dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat yang mungkin selama ini mengganggu penampilan kamu. Cara mengatasinya bisa dari dalam dan dari luar. Jika kamu memilih melakukan dari dalam, bisa dengan cara dikonsumsi sebagai minuman. Sedangkan jika mengatasi masalah jerawat dari luar, maka teh hijau bisa kamu gunakan sebagai toner. Peran teh hijau sebagai obat jerawat alami adalah sebagai berikut:

  • Teh hijau meregulasi insulin serta menyeimbangkan hormon saat fase pubertas dan menstruasi, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan ketidakstabilan hormon sekaligus mempercepat proses penghilangan bekas jerawat.
  • Teh hijau mengandung catechin yang berfungsi sebagai anti oksidan dan dapat menangkal radikal bebas serta memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Jika kamu ingin memakai teh hijau sebagai toner, maka pertama buat teh hijau dengan merebusnya sampai mendidih. Setelah dinginkan kamu bisa gunakan air teh hijau tadi untuk disemprot di wajah secara langsung atau oleskan pada jearwat menggunakan cotton bud atau kapas. Setelah kering, bilas dengan air sampai bersih. Akan lebih baik lagi jika kamu menyertai proses ini dengan minum teh hijau secara rutin 3 cangkir setiap hari sebagai langkah pengobatan dari dalam.

source: http://temancantik.com/cara-menghilangkan-jerawat-batu-dengan-cepat-secara-alami/


 

Cuka Apel

Rekomendasi obat jerawat alami lainnya yang bisa kamu coba adalah cuka apel. Tetapi pastikan terlebih dahulu sebelum kamu mengobati jerawat dengan cuka apel, wajah kamu sudah dibersihkan dan dikeringkan. Cuka apel memilki manfaat untuk menyeimbangkan pH serta mencegah pertumbuhan bakteri sehingga ampuh dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah jerawat.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa membeli cuka apel dalam bentuk jadi yang biasa dijual di toko atau di apotik. Ada dua cara menggunakan cuka apel yang bisa kamu coba:

  1. Mengoleskan langsung cuka apel pada jerawat menggunakan kapas dan biarkan 10-15 menit. Selanjutnya bisa kamu bilas dengan air dan setelahnya gunakan pelembap. Lakukan hal ini 3 kali sehari untuk hasil maksimal.
  2. Mencampurnya dengan air, caranya campur satu tutup botol cuka sari apel dengan sedikit air lalu oleskan ke seluruh wajah. Biarkan hingga 15 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini 3 kali seminggu.

 

source: http://pemutihwajah.id/mengatasi-jerawat-menggunakan-obat-alami/


 

baca juga

Temulawak

Temulawak ini biasanya dimanfaatkan untuk jamu. Tanaman yang bernama latin Curcuma Xanthorhizza ini berkhasiat untuk mencegah pembengkakan hati, meningkatkan produksi cairan empedu, menurunkan kadar kolesterol berlebih dan menambah nafsu makan. Namun, selain untuk kesehatan, ternyata ada manfaat lain untuk kecantikan yaitu mengobati jerawat. Caranya juga sama seperti jamu, yakni diminum untuk pengobatan dari dalam. Pertama, kamu bisa ambil temulawak sebesar ibu jari dan cuci hingga bersih. Selanjutnya potong-potong menjadi beberapa bagian rebus bersama empat gelas air mineral hingga mendidih dan air tinggal separuhnya. Setelah dingin tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari.
 
source: http://pondokibu.com/mengobati-jerawat-dari-dalam-dengan-ramuan-tradisional.html


 

Kunyit

Kunyit juga biasanya dijadikan minuman tradisional yang dikenal dengan jamu. Namun, kunyit juga biasa dimanfaatkan dalam dunia kecantikan seperti mengobati masalah jerawat. Dalam proses pengobatan jerawat, kunyit bermanfaat untuk membersihkan minyak dan semua kotoran yang tertinggal dalam pori-pori, mencegah peradangan dan sumber antioksidan. Metode pengobatan jerawat dengan kunyit juga bisa kamu lakukan dari dalam dan dari luar.

  1. Dari dalam, kamu bisa siapkan segelas susu hangat dan satu sendok teh kunyit atau bubuk kunyit. Selanjutnya, campurkan bubuk kunyit ke dalam segelas susu, aduk hingga merata dan warna susu menjadi warna kuning. Cara ini akan membuat tubuh mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat yang bengkak. Minum campuran susu dengan kunyit ini sekali sehari sebelum tidur.
  2. Dari luar, kamu bisa membuat masker kunyit dengan cara mencampur bubuk kunyit dengan air dan memakainya sebagai masker. Kamu juga bisa menambahkannya dengan yogurt atau susu plain (untuk kulit berminyak), minyak zaitun (untuk kulit kering) dan madu (untuk kulit normal). Tunggu masker mengering kurang lebih 15-20 menit, kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu.
source: http://bisikan.com/cara-menghilangkan-dan-mengobati-jerawat-secara-alami-ampuh-efektif-dan-cepat-dengan-menggunakan-kunyit

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi obat jerawat alami yang bisa kamu coba. Selain mudah dan murah tentunya juga aman ya, Beautynesian!