Wortel

Seperti yang sudah kamu ketahui, sayuran yang identik dengan kelinci ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Namun, kandungan vitamin A dan beta karoten dalam wortel juga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat lho. Selain dijadikan jus dan diminum, ada cara lain yaitu menggunakannya sebagai masker. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan sayuran wortel ini yaitu:

  1. Dibuat Jus
    • Buat jus dari 4-5 wortel dan diminum setiap hari saat pagi.
  2. Dibuat Masker
    • Haluskan (blender atau parut) wortel kemudian tambahkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak zaitun dan air perasan lemon. Setelah diaduk hingga rata bisa kamu oleskan pada wajah yang sudah bersih dan diamkan 15 menit. Gunakan masker ini secara rutin setiap malam sebelum tidur.
source: http://sehat1alami.blogspot.com/2017/04/kesal-dengan-jerawat-yang-nggak-hilang.html


 

Tomat

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan sayuran berikutnya adalah dengan memanfaatkan tomat. Dalam tomat ini terkandung banyak vitamin C, vitamin A dan Lycopene yang menutrisi dan meremajakan kulit. Selain itu, vitamin A juga membantu penyembuhan luka pada kulit dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Oleh karena itu, tomat juga dapat mengatasi masalah bekas jerawat yang kamu alami. Sama halnya dengan wortel, kamu bisa memanfaatkan tomat ini sebagai jus untuk diminum atau sebagai masker. 

  1. Jus Tomat
    • Kamu bisa blender beberapa buah tomat yang sudah dibersihkan dan bisa kamu minum setiap hari secara rutin.
  2. Masker Tomat
    • Ambil tomat yang sudah dibersihkan kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan potongan-potongan tadi pada area yang berjerawat. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.
    • Cara lainnya kamu bisa menghaluskan (blender) buah tomat lalu diaplikasikan pada wajah yang berjerawat. Lakukan cara ini 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 
Selain menghilangkan bekas jerawat, tomat ini juga dapat mengatasi masalah pori-pori besar.
source: http://www.bintang.com/style/read/2850187/ini-5-hal-sepele-yang-bisa-bikin-bekas-jerawat-susah-hilang


 

baca juga

Kentang

Selain enak dimakan dan dibuat sayur, kentang yang kaya akan vitamin dan mineral ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit serta penyembuhan luka. Kandungan dari kentang yang lain seperti, asam lemak esensial, fitokimia (karotenoid dan polifenol), vitamin C, B kompleks, dan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor serta seng dapat merangsang kolagen serta elastin sintesis. Sayuran berupa kentang ini cukup mudah didapatkan dan kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker. 

  • Siapkan 1 kentang yang sudah dikupas kemudian haluskan (diparut atau diblender).
  • Kemudian oleskan pada area yang memiliki bekas jerawat dan biarkan kurang lebih 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal gunakan masker kentang ini setiap hari.

Kentang yang berfungsi mempercepat regenerasi kulit ini dapat membuat bekas jerawat seperti flek hitam, parut, dan juga bopeng bisa segera terganti dengan kulit baru yang sudah teregenerasi.

source: http://obattradisionaljerawat.com/


 

Mentimun

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan sayuran mentimun mungkin sudah pernah kamu dengar. Mentimun memang sudah banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan dan memiliki kandungan air dalam jumlah besar yang dapat membersihkan kulit. Kandungan nutrisi lain dalam mentimun seperti vitamin C dan serat dapat membantu menghilangkan bengkak kulit, bekas jerawat dan peradangan. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  1. Pilih mentimun yang bagus dan bersihkan, lalu potong-potong tipis menjadi beberapa bagian. Selanjutnya letakkan potongan mentimun di kulit yang memiliki bekas jerawat dan luka. Biarkan selama 30 menit, lalu bersihkan dan bilas wajah dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Blender mentimun sampai halus dan jadikan masker. Biarkan masker ini di wajah kamu yang memiliki bekas jerawat selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan handuk hangat dan lanjutkan dengan membilasnya dengan air dingin sampai bersih. 
  3. Kulit mentimun juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya, gosok-gosokan sisi dalam kulit mentimun pada wajah yang memiliki bekas jerawat.
Kamu bisa melakukan perawatan ini minimal 3 kali dalam seminggu. Selain digunakan langsung di wajah, kamu juga bisa meminum jus mentimun untuk menambah pengobatan dari dalam agar hasilnya lebih maksimal.
source: http://bisikan.com/cara-menghilangkan-jerawat-dengan-sayuran-yang-alami-dan-mudah