Istilah pacaran tidak ada dalam ajaran agama Islam. Namun, berkat adanya arus globalisasi dan kemudahan mengakses informasi dari negeri luar, maka pacaran tidak lagi dianggap tabu dan asing. Padahal, sudah jelas dalam Islam pacaran dilarang dan haram hukumnya. Arti haram sendiri adalah bila dilakukan berdosa, dan sebaliknya jika ditinggal tidak berdosa. Sekarang pertanyaannya, adakah tips berpacaran halal? Mari temukan bersama jawabannya. 

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. -  Al-Isro' ayat 32

Dari terjemahan ayat di atas, bila kita tarik benang kebelakang bisa kita ingat apa saja hal yang kita lakukan ketika berpacaran, apakah mendekati zina? Bermula dari saling tatap hingga menimbulkan debar di dalam dada, dapat menumbuhkan rasa ingin memiliki. Selanjutnya pasti bertahap hal-hal yang dilakukan bersama layaknya pasangan suami-istri.

Nah, hal inilah yang membuat pacaran menjadi dinilai negatif dalam pandangan Islam. Padahal, setiap kegiatan tergantung dari individu yang melakukannya, karena masih ada pasangan pacaran yang saling memotivasi di dalam hal yang positif dan banyak pula pasangan yang sukses bersama karena saling mendukung.

 

baca juga

Menghindari Bersentuhan dengan Pasangan

Hal yang mendekati zina pastinya harus kita hindari sebagai pasangan yang belum menikah dan halal. Lebih baik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu dan pasangan kamu menghindari bersentuhan fisik. Supaya kamu terhindar dari hal negatif, ada baiknya kamu dan pasangan segera mempersiapkan diri untuk menikah supaya hubungan kamu halal.

source: https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2017/02/14/f09150db-4a9c-4a13-9b31-340b0911161a.jpg?w=300&q=90


 

Saling Mendukung Bukan Saling Melarang

Pacaran bisa jadi hal yang menyenangkan bila pasangan yang menjalaninya merasa bahagia. Saling mendukung dalam kegiatan masing-masing atau kegiatan yang dilakukan bersama seperti sekolah, kuliah, atau kerja bisa membuat hubungan kamu bertahan lama dan kian dewasa lho, Beautynesian.

Bila ada hal yang tidak tepat atau kurang berkenan namun tetap dilakukan oleh pasanganmu, kamu bisa mengingatkannya dan memberikan pengertian dengan baik. Bukan malah melarangnya dengan membabi buta tanpa alasan yang jelas ya, apalagi jika alasannya hanya cemburu. Sebaiknya, berilah kepercayaan pada pasanganmu karena bila ia berhasil dalam karir atau berprestasi diperkuliahannya, kamulah orang pertama yang akan ia butuhkan selain kedua orangtuanya.
 

source: http://bagimunegeri.com/mudamudidanseks.html


 

baca juga

Saling Berkembang dan Berubah Makin Positif

Berpacaran memang terkadang membuat kamu berlaku layaknya anak kecil. Kamu seringkali lupa diri dengan munculnya sikap manja, cari perhatian lebih, cemburu dan egois. Sikap-sikap itu tidaklah salah kita seutuhnya karena itu semua merupakan bagian dari proses pendewasaan. Tapi, bukan berarti harus terus kamu pertahankan ya, Beautynesian. Berubah dan berkembang menjadi lebih baik dalam kehidupan dan karir adalah hal yang harus kalian raih berdua sebagai pasangan agar hubungan kalian kian bermakna dan bermanfaat.

source: https://blog.talenta.co/bahasa/pentingnya-budaya-saling-mendukung-dalam-perusahaan/

Namun pada akhirnya kembali lagi, halal atau haram memang pada akhirnya tergantung dari kamu bagaimana memaknainya. Jika kamu percaya bahwa Islam tidak pernah mengajarkan pacaran, kamu bisa langsung melakukan ta'aruf, Beautynesian!