Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Madu dapat menyembuhkan berbagai luka di kulit, termasuk menyamarkan luka bekas jerawat. Selain itu, madu juga dapat memicu produksi hidrogen peroksida yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat lho.

Cara perawatan madu pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan madu sebagai masker. Cukup gunakan madu murni (bukan madu olahan pabrik) yang dioleskan ke area bekas jerawat. Gunakan masker madu ini sehari sekali sebelum tidur. Madu ini juga bermanfaat sebagai pelembap alami karena bersifat antibakteri dan dapat menetralisir zat-zat yang ada pada kulit wajah sehingga dapat mengurangi peradangan. Berikut ini adalah perawatan madu yang bisa kamu coba sendiri di rumah.
 

source: http://www.akusehatku.com/2015/07/hilangkan-bekas-jerawat-menghitam.html

Jeruk Nipis dan Madu
Jeruk nipis dan madu bisa menjadi salah satu kolaborasi yang ampuh untuk menghilangkan bopeng dan bekas-bekas jerawat lainnya. Caranya, ambil 1 sdm madu dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada seluruh wajah terutama pada bekas jerawat yang hitam. Diamkan kurang lebih 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.
 


 

source: http://perawatanyok.blogspot.com/2015/02/cara-menghilangkan-komedo-dengan-jeruk.html



Madu dan Tomat


Cara menghilangkan bekas jerawat hitam lainnya adalah dengan memanfaatkan madu dan tomat. Kamu bisa menggunakan campuran ini untuk masker. Tomat sendiri memiliki kandungan dan manfaat sebagai berikut:

  • Vitamin A,C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 yang dapat membantu mengecilkan pori-pori sekaligus meningkatkan kekebalan kulit dari timbulnya jerawat di kemudian hari.
  • Memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga dapat mempercepat proses penghilangan bekas jerawat.

Cara membuat makser madu dengan tomat mudah saja. Pertama, siapkan madu murni dan 1 buah tomat. Kemudian, blender tomat tersebut dan tambahkan 1 sdt madu. Blender kembali agar campurannya merata dan teksturnya menyerupai pasta. Selanjutnya, oleskan masker ini pada wajah yang memiliki bekas jerawat hitam dan diamkan 20 menit. Setelah itu, bisa kamu bilas dengan air dingin sampai bersih dan keringkan dengan handuk. Gunakan masker ini 3x seminggu secara teratur sampai bekas jerawat memudar dan hilang.
 

baca juga
source: https://annunaki.me/2014/07/22/cara-membuat-toner-wajah-alami-untuk-wajah-berminyak/tomat-dan-madu/



Madu dan Minyak Zaitun


Cara selanjutnya yang juga dapat menghilangkan bekas jerawat hitam adalah dengan mencampur madu dan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun itu sendiri antara lain:

  • Memiliki sifat antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Kandungan antioksidannya sangat tinggi dan dapat menangkal radikal bebas serta mencegah peradangan jerawat

Cara membuat campuran madu dan minyak zaitun:

  • Pertama, campurkan 2 sdt madu murni dengan 2 sdt minyak zaitun.
  • Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dengan gerakan memutar dan lembut selama 5 menit.
  • Siapkan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat, kemudian peras dan gunakan sebagai kompres di area kulit yang terdapat bekas jerawat.
  • Terakhir, cuci bersih wajah kamu dengan air bersih dan keringkan.
Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan campuran madu dan minyak zaitun ini 2x seminggu secara rutin.
 


 

source: https://manfaat.co/manfaat-minyak-zaitun-dan-madu-untuk-wajah.html



Madu dengan Lemon


Cara menghilangkan bekas jerawat hitam lainnya adalah dengan memanfaatkan campuran madu dan lemon. Kandungan dan manfaat lemon antara lain:

  • Vitamin C yang sangat tinggi dapat memicu produksi kolagen yang bermanfaat untuk menghaluskan dan mengenyalkan kulit sehingga bekas jerawat juga cepat pudar.
  • Asam sitrat sangat bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga mempercepat penghilangan bekas jerawat di kulit wajah kamu.
Untuk membuat maskernya, campurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt air perasan lemon. Setelah wajah kamu dicuci bersih dengan air hangat, oleskan campuran tersebut dan gunakan sebagai masker pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Setelah kurang lebih 15 menit, segera cuci muka dengan air dingin dan jeringkan. Kamu dapat menggunakannya 1x sehari untuk hasil yang maksimal.
 
baca juga


 

source: http://www.cantikalamiku.com/cara-mencerahkan-wajah-dengan-madu-dan-jeruk-nipis/



Madu dan Kunyit



Campuran madu dan kunyit ternyata juga dapat kamu manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di wajah. Berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat kunyit yang perlu kamu tahu:

  • Kandungan antioksidan dalam kunyit yang sangat tinggi dapat menangkal radikal bebas dan mengatasi peradangan jerawat.
  • Kandungan senyawa kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah peradangan jerawat dan digunakan sebagai penghilang bekas jerawat secara alami.

Cara membuatnya pertama-tama campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh bubuk kunyit. Aduk rata hingga teksturnya menyerupai pasta dan pas digunakan sebagai masker. Selanjutnya oleskan pada bekas jerawat dan biarkan kurang lebih 15 menit hingga meresap di kulit. Setelah itu basahi sedikit jari telunjuk kamu dan lakukan pemijatan lembut di area bekas jerawat yang telah diolesi campuran madu dan kunyit tadi. Hal ini seperti layaknya proses scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati. Jika sudah maka bisa kamu bilas dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk bersih. Lakukan perawatan seperti ini 1x sehari secara rutin.


 

source: http://healtyoz.blogspot.com/2015/09/mencerahkan-wajah-alami-dengan-masker.html