1. Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Sabun Anti Bakteri

Hal yang sering menjadi penyebab munculnya jerawat adalah karena kebersihan tubuh yang tidak terjaga sehingga memunculkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, cara mencegah jerawat di punggung pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mandi secara rutin agar tubuh bersih. Lalu, gunakan juga sabun anti bakteri atau antiseptik ya agar kuman dan bakteri di tubuhmu bisa benar-benar hilang.

Sebaiknya, segeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang padat seharian, terlebih jika kamu melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Tapi, jika memang kondisimu tidak memungkinkan untuk mandi, maka sebaiknya gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan melarutkan minyak berlebih agar tidak menyumbat pori-pori punggung.
 

source: http://www.ledisia.com/bekas-jerawat/7-cara-praktis-menghilangkan-bekas-jerawat-di-punggung/


 

2. Memakai Pakaian yang Kering dan Nyaman di Kulit

Selain menjaga kebersihan badan dengan menggunakan sabun anti bakteri, kamu juga perlu mengganti pakaian secara berkala. Jangan memakai baju yang sama dan belum dicuci berulang-ulang ya, dan selalu ganti dengan yang baru. Jerawat di punggung muncul bisa saja muncul karena bakteri dan kotoran yang menempel di baju yang sudah kamu pakai berulang kali lho. So, jangan merasa malas mengganti baju setiap kali mandi.

Selain itu, pilihlah bahan pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat, serta dapat menyerap keringat dengan baik seperti bahan katun. Jika kamu tidak memerhatikan hal ini, maka bakteri yang bercampur dengan kotoran dan keringat di punggung dapat memunculkan jerawat di punggung kamu.
 
source: https://mozaic.mataharimall.com/female/5-jenis-material-baju-yang-tahan-lama-dan-ramah-lingkungan/


 

baca juga

3. Sering Membersihkan Tempat Tidur

Selain pakaian, kamu juga harus memerhatikan kebersihan tempat tidur ya, ladies. Jika tempat tidurmu kurang bersih, maka hal ini bisa juga menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung. Karena itu, rajin-rajinlah membersihkan tempat tidur dan sering mengganti seprai. Seprai yang jarang diganti ini bisa menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk bersarang yang bisa memicu munculnya jerawat di punggung atau bahkan di wajah. That's why, jangan malas untuk mengganti seprai tempat tidurmu seminggu sekali.ya, Beautynesian. 
 

source: http://www.jejamo.com/gantilah-seprai-anda-seminggu-sekali-ini-alasannya.html


 

4. Melakukan Scrub Secara Teratur

Scrub pada dasarnya bertujuan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati agar tidak menutupi pori-pori sehingga jerawat tidak akan muncul. Pilih scrub dengan butiran yang halus untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Lakukan perawatab scrub ini secara teratur 1 minggu sekali dan jangan terlalu sering ya. Mungkin kamu merasa semakin sering melakukan scrub akan semakin baik hasilnya. Namun, scrub terlalu sering juga tidak bagus lho karena bisa memicu iritasi kulit. Lalu, setelah scrubbing, jangan lupa untuk mengoleskan lotion pada punggungmu ya agar kulitmu menjadi lembap kembali.
 

source: http://bagaimanacaraa.blogspot.co.id/2016/04/bagaimana-cara-menghilangkan-jerawat-di.html


 

baca juga

5. Perhatikan Penggunaan Kondisioner

Selain sampo, kondisioner juga sering digunakan untuk merawat rambut ketika keramas. Tapi, tahukah kamu kalau di dalam kondisioner sendiri terdapat kandungan silikon yang bisa memicu tumbuhnya jerawat pada kulit? Nah air yang kamu gunakan untuk membilas kondisioner ini jika terkena punggung dan tidak dibilas kembali dengan bersih bisa menyebabkan jerawat lho  Karena itu, setiap kamu selesai memakai kondisioner pada rambut, pastikan untuk membilas rambut dan tubuhmu hingga bersih dan gunakan sabun kembali untuk memastikan bahwa sudah tidak ada sisa-sisa kondisioner yang masih menempel.
 

source: http://www.bintang.com/style/read/2514575/4-keuntungan-bila-kamu-mengurangi-pemakaian-kondisioner


 

6. Perhatikan Pemakaian Pelembut dan Pewangi Pakaian

Apakan kamu sering menggunakan pewangi atau pelembut pakaian ketika mencuci? Jika iya, maka pewangi yang kamu gunakan ini bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di punggungmu lho. Mengapa demikian? Pelembut atau pewangi pakaian terkadang memiliki kandungan yang tidak cocok dengan tipikal kulit tertentu, terlebih jika kulit kamu termasuk kulit yang sensitif. Jika berbagai cara pencegahan sudah kamu tempuh dan tidak berhasil, mungkin inilah salah satu penyebab jerawat di punggungmu. Sebaiknya, hindari menggunakan pelembut dan pewangi pakaian ketika mencuci untuk menghindari jerawat di punggung. 
 

source: http://www.pewangilaundry.co.id/hati-hati-dengan-cairan-pewangi.html