Teori Diet Atkins dibuat oleh Dr. Robert C. Atkins, seorang kardiologis. Awalnya beliau mencobakan metode diet terhadap pasiennya dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak. Hasilnya, pasien-pasienya mampu menurunkan berat badan dan mempertahankannya, sekalipun sudah berkali-kali gagal mencoba berbagai metode diet rendah kalori.

http://www.atkins.com/how-it-works
URL:   http://www.atkins.com/how-it-works

Teori dietnya adalah Minasan mengurangi karbohidrat dan lemak dengan menambah asupan protein dan lemak, sehingga Minasan cenderung tidak mudah lapar dan mengurangi keinginan untuk makan.
source: http://www.atkins.com/how-it-works

Kelebihan Diet Atkins

- Menurunkan berat badan dalam waktu singkat
- Tanpa rasa lapar
- Tanpa obat-obatan
- Tetap berenergi sekalipun dalam diet

Bahaya Diet Atkins

Komposisi Diet Atkins yang tinggi protein dan lemak dan rendah karbohidrat menjadikan diet tidak seimbang. Untuk jangka panjang tidak dianjurkan.

http://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/berbagai-macam-diet-apa-plus-minusnya
URL:   http://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/berbagai-macam-diet-apa-plus-minusnya

Makanan yang Dianjurkan:

source: http://authoritynutrition.com/atkins-diet-101/
Daging: sapi, kambing, ayam, babi, dan lain-lain.
Ikan dan Seafood.
Telur.
Sayur-sayuran: kale, bayam, brokoli, asparagus, dan lain-lain.
Produk lemak: butter, keju, krim, yoghurt.
Kacang dan biji-bijian.
Minyak nabati: olive oil.

Makanan yang Harus Dihindari:

source: http://authoritynutrition.com/atkins-diet-101/
Gula: soft drink, jus buah botol, kue, permen, es krim, dan lain-lain.
Tepung: beras, gandum, dan lain-lain.
Trans fats: Biasanya ditemukan dengan kata "hydrogenated" dalam makanan kemasan.
Makanan "Diet" dan "Low Fat": justru dalam makanan tersebut mengandung gula tinggi.
Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat.

Sumber: http://authoritynutrition.com/atkins-diet-101/
URL:   http://authoritynutrition.com/atkins-diet-101/