Mengkudu


Buah mengkudu yang memiliki aroma khas ini adalah salah satu buah yang kaya khasiat, salah satunya menyembuhkan jerawat batu. Hal ini disebabkan oleh beberapa kandungan yang ada dalam buah mengkudu, antara lain:

  • Vitamin C yang sangat tinggi dapat memicu produksi kolagen yang mempercepat proses penyembuhan jerawat sekaligus menghaluskan kulit secara lebih cepat.
  • Antioksidan yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk mencegah peradangan pada jerawat batu.
  • Kalium yang dapat memperlancar peredaran darah. Jika peredaran darah di tubuh lancar, maka hormon androgen otomatis akan stabil.
Selain kandungan di atas yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat batu, mengkudu juga dapat berfungsi membersihkan darah kotor dari dalam yang menyebabkan munculnya jerawat. Nah, ada 2 cara memanfaatkan mengkudu untuk mengatasi jerawat batu nih, Beautynesian!
  1. Dari dalam (jus mengkudu), caranya cukup blender 1 buah mengkudu yang sudah dibersihkandan tambahkan gula batu. Kemudian saring dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih dinginkan dan siap diminum. Jus mengkudu bisa kamu minum setiap hari untuk hasil yang maksimal.
  2. Dari luar (masker mengkudu), caranya blender 1 buah mengkudu yang sudah dibersihkan kemudian oleskan pada wajah yang mengalami jerawat batu. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan setelah itu cuci muka sampai bersih. Lakukan hal ini 1x sehari secara rutin hingga jerawat batu mengempis.
source: http://bacaterus.net/cara-menghilangkan-jerawat-batu-secara-alami-dalam-1-hari/



Mahkota Dewa


Mahkota dewa memiliki khasiat yang sangat efektif untuk meredakan peradangan dan mengatasi jerawat batu karena memiliki kandungan anti-iritan dan anti radang. Semua bagian dari tanaman mahkota dewa seperti buah, daun dan umbinya memiliki sifat anti radang sehingga dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus seampuh antibiotik untuk menghilangkan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Buah mahkota dewa memiliki senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan alami dan berguna untuk menangkal radikal bebas serta mencegah terjadinya infeksi. Cara memanfaatkan mahkota dewa untuk jerawat batu adalah: 

  • Pilih buah, daun atau umbi dari mahkota dewa kemudian haluskan.
  • Setelah selesai mandi oleskan ke area jerawat batu.
  • Diamkan kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.
  • Gunakan 1x sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal atau sampai jerawat batu mengempis.
source: https://www.inovasee.com/menghilangkan-jerawat-batu-17977/
baca juga



Sidaguri


Sidaguri adalah jenis tanaman obat yang juga berkhasiat untuk mengatasi masalah jerawat batu secara alami. Berbeda dengan mengkudu yang bisa diminum atau mahkota dewa yang digunakan sebagai masker, sidaguri dimanfaatkan melalui proses penguapan. Caranya juga cukup mudah, yaitu:

  • Rebus sidaguri dengan 2-3 gelas air sampai mendidih.
  • Setelah itu, taruh di baskom dan posisikan wajah kamu di atasnya. Usahakan bagian yang berjerawat terkena uap ini.
  • Lakukan proses penguapan ini secara rutin 1-2 hari sekali untuk hasil yang maksimal atau sampai jerawat batu mengempis.
source: http://begindong.blogspot.co.id/2016/03/cara-menghilangkan-jerawat-batu-cepat.html



Daun Sirih


Daun sirih ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi segala jenis penyakit, termasuk juga jerawat batu. Hal ini dikarenakan daun sirih memliki beberapa kandungan yang berkhasiat, seperti:

  1. Vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat memicu produksi kolagen yang berperan sebagai antioksidan serta dapat menangkal berbagai peradangan yang diakibatkan infeksi bakteri penyebab jerawat.
  2. Betlephenol yang akan berperan sebagai anti-bakteri dan anti-fungal, sehingga ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat yang dapat menyebabkan peradangan.

Kamu bisa menggunakan daun sirih ini sebagai masker untuk mengatasi jerawat batu. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu:

  • Cuci bersih 10 helai daun sirih kemudian tumbuk halus dan tambahkan sedikit air.
  • Kemudian oleskan masker daun sirih ini ke area kulit yang terkena jerawat batu.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Setelah kering, cuci wajah dengan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker daun sirih ini 3x seminggu.
source: http://pemutihwajah.id/category/penyembuh-jerawat/
baca juga



Daun Binahong


Berikutnya adalah tanaman yang mirip dengan daun sirih yaitu binahong. Tanaman ini sejak dulu dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalam daunnya seperti antioksidan, protein, total fenol dan asam arkobat.

Ternyata daun binahong ini juga bisa mengatasi masalah jerawat batu. Daun binahong juga mengandung flavonoid, saponin serta minyak atsiri yang bisa mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat di wajah kamu. Ada 2 cara yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Digunakan sebagai masker, dengan cara cuci beberapa lembar daun binahong kemudian hancurkan atau remas-remas dengan tangan. Setelah itu aplikasikan pada wajah yang berjerawat. 
  • Diminum, caranya ambil beberapa lembar daun binahong dan rebus bersama air hingga air yang digunakan untuk merebus tinggal 1 gelas. Minum air rebusan tersebut 1x sehari 

Meskipun ini adalah tanaman obat, namun bisa juga mempunyai efek samping seperti pusing, gelisah, insomnia, sakit kepala dan denyut jantung tidak teratur lho. Oleh karena itu, konsumsi rebusan binahong sewajarnya dan jangan dikonsumsi saat hamil atau menyusui serta jangan dikonsumsi bersama kafein ya!

source: http://daunbinahong.org/

Nah, mudah bukan, Beautynesian? Semoga bahan alami tersebut bermanfaat untuk menghilangkan jerawat batu kamu ya!