Ketidakseimbangan Hormon/ Perubahan Hormon

Hal yang sering menjadi penyebab munculnya jerawat termasuk bruntusan ini adalah masalah perubahan atau ketidakseimbangan hormon. Tidak hanya remaja, orang dewasa juga bisa mengalami hal ini. Jika pada remaja biasanya dipengaruhi oleh faktor pubertas, maka pada wanita dewasa bisa karena pengobatan tertentu, penggunaan alat kontrasepsi, kondisi menjelang menstruasi, dan juga kehamilan. Hal inilah yang biasanya menjadi pemicu munculnya bruntusan di kulit wajah kamu.
 

source: https://minyakarganmadre.com/cara-menghilangkan-jerawat-bruntusan-di-wajah-dengan-cepat/


 

Alergi

Penyebab lainnya yang sangat mungkin menimbulkan bruntusan adalah karena alergi. Alergi ini bisa muncul dari sesuatu yang kamu konsumsi atau bisa juga karena kulit kamu tidak cocok dengan produk kosmetik tertentu. Hal ini terjadi karena kulit tidak bisa menerima beberapa zat yang terkandung di dalamnya, seperti zat pengawet, pewarna, pewangi, alkohol atau mungkin zat pemutih wajah. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan asupan makanan yang kamu pilih dan cermatlah memilih kosmetik yang tidak mengandung bahan berbahaya.
 

source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/45021-7-kasus-kulit-rusak-karena-kosmetik.html


 

<baca juga>

Kurang Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Penyebab lainnya muncul bruntusan karena kamu kurang menjaga kebersihan kulit wajah. Hal ini menyebabkan penumpukan kotoran, bakteri dan kuman yang menempel di kulit wajah sehingga pori- pori menjadi tersumbat dan terjadilah bruntusan. Namun, kamu juga tidak perlu terlalu sering mencuci muka karena seringnya mencuci muka dengan facial wash dapat menghilangkan produksi minyak alami dari jaringan kulit sehingga kulit menjadi kering, tipis, perih, dan pada akhirnya justru timbul bruntusan. Cukup cuci wajah 2-3 kali dalam sehari, yakni pagi, sore dan malam hari sebelum tidur.
 

source: http://www.vemale.com/kesehatan/19882-salah-pilih-kosmetik-beresiko-membuat-kulit-bruntusan.html


 

Perubahan Cuaca/ Pergantian musim

Perubahan cuaca atau pergantian musim juga bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan. Mengapa demikian? Pergantian musim terkadang mempunyai efek buruk pada kulit, karena kulit bisa menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami bermasalah. Hal ini terkait dengan perubahan temperatur, kelembapan, panas terik atau hal lainnya yang berhubungan dengan pergantian musim dan mengakibatkan kelembaban di kulit wajah menjadi tidak seimbang karena tidak terhidrasi dengan baik. Bruntusan bisa terjadi karena kondisi kulit yang kering karena mengalami dehidrasi tersebut. Karena pergantian musim ini tidak bisa dihindari, maka kamu harus mengantisipasinya dengan baik.
 

source: http://palembang.tribunnews.com/2015/10/04/jangan-panik-kalau-anda-mengalami-jerawat-beruntusan-ini-penanganannya