1. Faktor Genetik

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat batu adalah faktor genetik. Coba deh kamu perhatikan orang tua kamu. Apakah orang tuamu memiliki jenis wajah berminyak dan sering mengalami jerawat batu? Jika iya, jerawat batu yang sering kamu alami itu bisa jadi disebabkan karena masalah genetik. 

Jerawat batu memang lebih mudah tumbuh di kulit yang berminyak. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, maka kamu akan sangat rentan untuk terkena jerawat batu. Nah karena kamu tahu kalau kulit berminyak dan faktor genetik ini bisa menjadi pemicu utama jerawat batu, sebaiknya kamu selalu rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak. At least, hal ini bisa mencegah jerawat batu agar tidak muncul.
 

source: http://www.obatjerawatan.com/2017/01/penyebab-jerawat-batu.html


 

2. Kosmetik

Esensi penggunaan kosmetik seharusnya memang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kamu tambil lebih cantik. Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa beberapa bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat, termasuk jerawat batu. Apalagi kalau memang tipe kulitmu sensitif, penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah keadaan kulitmu. Selain itu, jerawat batu bisa juga disebabkan karena penggunaan makeup yang tebal seharian dan kamu tidak segera membersihkannya. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat batu yang disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang kamu pakai. Makeup yang oil-based atau memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu lho. Jadi, for the sake of your skin, sebaiknya pilih makeup yang ringan di kulit.
 

source: http://www.dewimagazine.com/news-beauty/kulit-wajah-bersih-sempurna


 

baca juga

3. Faktor Hormonal

Hal berikutnya yang menyebabkan munculnya jerawat batu adalah faktor hormonal. Ketika kamu mengalami fase pubertas misalnya, produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan kulitmu memproduksi sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya jerawat batu akan muncul.

Selain masa pubertas, pada saat wanita mengalami fase menstruasi juga dapat meningkatan level pada hormon penyebab jerawat seperti hormon androgen dan hormon estrogen lho, sehingga produksi sebum juga meningkat. Mengonsumsi pil KB, masa kehamilan, dan stres berat juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan karena hormon yang tidak stabil. Semua perubahan hormon yang signifikan tersebutlah penyebab munculnya jerawat batu.
 

source: https://blog.hawaku.com/2015/11/04/penyebab-jerawat-dan-cara-bebas-dari-jerawat/


 

4. Pertumbuhan Sel Kulit yang Abnormal

If you are wondering, pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ketika proses regenerasi sel juga bisa menjadi penyebab jerawat batu lho. Ketika sel-sel kulit mati ini tidak beregenerasi dengan cepat, pada akhirnya sel kulit mati ini akan menumpuk dalam folikel rambut yang nantinya juga bercampur dengan bakteri (Propionibacteria). Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat batu. Seharusnya, proses regenerasi sel-sel kulit mati berlangsung dengan cepat, sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati di dalam folikel rambut di area wajah.
 

source: http://skin.co.id/panduan-lengkap-mengatasi-jerawat-batu/


 

baca juga

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Mungkin hal ini terdengar klise karena semua penyakit yang muncul termasuk jerawat bisa berawal dari gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat penyebab timbulnya jerawat batu bisa bermacam-macam seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, kurang minum air putih dan kurangnya waktu beristirahat. Merokok dapat mempersempit pembuluh di kulit dan akan merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit kamu rusak, maka hal ini bisa mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat batu.

Makanan yang pedas, berminyak, junk food dan makanan bersantan juga dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya yang pada akhirnya juga menimbulkan jerawat batu. Selain itu, kurang istirahat juga akan menghambat regenerasi sel pada kulitmu, sehingga bisa memperburuk kondisi kulit. Aside from that, kebiasaan buruk seperti mengusap atau menggaruk wajah dengan tangan kotor juga bisa memicu timbulnya jerawat batu. So, coba ubah gaya hidupmu dari sekarang agar kamu terhindar dari jerawat batu. 
 

source: http://klikherbalstores.com/7-makanan-penyebab-jerawat-di-muka-yang-harus-kamu-hindari/