Motif dan Warna

Cara terbaik untuk mengenakan aksesori batik adalah dengan memadu padankan dengan pakaian yang berwarna netral, atau polos. Sehingga, warna dan corak dalam aksesori akan terlihat mencolok. Sebaliknya, jika kamu mengenakan pakaian yang juga bermotif dan berwarna ramai, maka aksesori akan kurang terlihat, atau mungkin bertabrakan dengan pakaian.
Pilihlah aksesori bernuansa dan berwarna alam yang netral, misalnya warna cokelat, warna tanah, sampai warna netral. Boleh juga mengenakan perhiasan lain mahal semacam emas atau berlian. Yang penting, jangan mengenakan aksesori atau perhiasan itu secara berlebihan.
source: http://jogja.tribunnews.com/2013/07/03/inilah-tips-padukan-batik-dan-aksesori

Desain

Perhatikan juga model pakaian dengan model aksesorinya. Jika model pakaian kamu cukup rumit seperti kebaya atau cocktail dress, maka pilihlah aksesori yang polos dengan detail minimalis.
Desain aksesori yang penuh dan memiliki banyak detail akan membuat tampilan Anda terlihat penuh dan berat. Jika ingin memilih aksesori yang pas untuk busana batik, Anda bisa memilih aksesori yang polos, atau aksesori dengan detail kecil di bagian pinggirnya (bingkai).
source: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/02/08/09044683/Aksesori.yang.Serasi.untuk.Busana.Batik
Namun sebaliknya, jika pakaian kamu cukup simple, kamu bisa menggunakan aksesori yang memiliki desain rumit. Maka penampilan kamu akan semakin stand out.

Aksesori Batik

Kalung Batik
Kalung dengan bahan dasar batik adalah aksesori yang mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya kalung ini dibuat dari bahan perca batik yang kemudian dikreasikan sebagai kalung dengan berbagai bentuk unik.
source: https://www.pinterest.com/pin/390476230164944646/
Bangle Batik
Bangle batik cocok digunakan untuk suasana semi formal dan jalan-jalan. Warna warni batik yang dibalut di sebuah bangle akan menambah kecantikan Anda ladies. Pilih bangle batik berwarna soft dan pakailah untuk memancarkan pesona stylish Anda.
source: http://www.vemale.com/fashion/pernik/37321-aksesori-cantik-dari-batik-yang-mempesona.html
source: http://www.kayanabatik.co.id/wp-content/uploads/2014/06/bangle-batik.png&imgrefurl=http://www.kayanabatik.co.id/pesona-batik-pada-aksesoris-cantik.html&h=359&w=400&tbnid=d5Nm36t9c6bIlM:&zoom=1&docid=LeodDQiYOTcASM&ei=JDkmVZWuA5OyuASbvoGoBA&tbm=isch&ved=0CB8QMygEMAQ
Sepatu Batik
Mau high heels atau flat shoes, itu pilihan kamu. Karena kini sudah banyak produsen sepatu yang memantaafkan batik sebagai bahan dan corak utamanya. Gunakan sepatu batik dengan atasan polos berwarna senada untuk penampilan maksimal.
source: https://www.pinterest.com/pin/566820303071426060/
Aksesori Rambut Batik
Jepit rambut, sirkam, bando, kuncir rambut, dan masih banyak lagi pilihan aksesori rambut berbahan dasar batik yang tersedia. Pilih mana, Minasan?
source: http://www.kayanabatik.co.id/wp-content/uploads/2014/06/bando-tropical-batik.jpg&imgrefurl=http://www.kayanabatik.co.id/pesona-batik-pada-aksesoris-cantik.html&h=419&w=369&tbnid=NBKoPmvhhPpyNM:&zoom=1&docid=LeodDQiYOTcASM&ei=NTUmVcRJw4u4BIf7gDg&tbm=isch&ved=0CCQQMygKMAo
Clutch dan Tas Batik
Sempurnakan penampilan kamu dengan tas atau clutch batik. Pilih warna atau motif unik yang dipadukan dengan pakaian berwarna pastel atau basic.
source: https://www.pinterest.com/pin/482940760011682941/
Scarves Batik
Gunakan scarves sebagai aksesori untuk dipadukan dengan kemeja, kaos V neck, atau hiasan handbag.
source: https://www.pinterest.com/pin/152911349823222339/