(1) Ketahui Undertone Kulitmu


 

source: http://thehauterfly.com/beauty/makeup-tips-for-indian-skin-tones/


The first and foremost, kunci dari menemukan shade makeup yang tepat sangat bergantung pada undertone kulitmu. Terutama kalau kamu sedang mencari foundation, kamu harus benar-benar mencari foundation yang sesuai dengan undertone-mu, yaitu cool, warm, atau neutral. Untuk mengetahui undertone-mu, kamu bisa coba mengeceknya dengan melihat pembuluh darah nadimu.

  • Hijau : warm undertone
  • Biru :   cool undertone
  • Biru dan Hijau : neutral undertone
Kalau kamu sudah mengetahui undertone-mu, kamu bisa mencari foundation atau makeup lainnya dengan hint warna dasar berikut ini:
  • Cool undertone: pink, merah, biru
  • Warm undertone : kuning, peach, gold
  • Neutral : warna diantara cool dan warm undertone


(2) Memilih Foundation yang Tepat


 

source: https://www.getthegloss.com/gallery/not-fair-the-best-budget-foundations-for-olive-and-dark-skin-tones


Untuk kulit sawo matang, sebaiknya pilihlah warna foundation yang natural dan masuk dengan warna kulitmu seperti natural beige misalnya. Selain itu, ketika memilih warna foundation, sebaiknya lakukan swatch terlebih dahulu pada bagian rahang atau leher dan pilih warna yang sesuai dengan warna kulit leher. You know, warna kulit wajah seringkali berbeda dengan warna kulit area lainnya. Karena itu, sebaiknya pilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit lehermu.
 

baca juga


Memilih Warna Blush On yang Tepat


 

source: https://www.bustle.com/articles/81300-the-best-blush-for-every-skin-tone-so-you-dont-look-like-youre-in-clown-school


Walaupun terlihat simple, tapi memilih warna blush yang tepat untuk kulit sawo matang bisa sangat membingungkan. Kalau salah memilih warna blush, bisa-bisa kulit sawo matangmu terlihat memerah atau terlihat lebih gelap. Nah kalau kamu memiliki kulit sawo matang dengan cool undertone, sebaiknya pilih blush berwarna rosy pink. Lalu jika kamu memiliki warm undertone, warna soft apricot atau peach bisa terlihat natural di kulirmu dan membuat kulitmu lebih segar.
 


Memilih Warna Eyeshadow yang Tepat


 

source: http://community.baobella.com/products/productview/naked-eyeshadow-palette


Untuk masalah eyeshadow, warna kulit sawo matang sangat cocok dengan warna-warna cokelat hangat seperti bronze atau honey. Warna-warna cokelat keemasan ini akan terlihat standout di kulitmu yang eksotis. Tapi kalau kamu ingin lebih bermain dengan warna, kamu bisa menggunakan warna yang lebih fun seperti lavender atau abu-abu untuk cool undertone, sedangkan warna rich blue dan warna cokelat tembaga yang pekat akan terlihat sangat flattery untuk kamu pemilik warm undertone.
 

baca juga


Memilih Warna Lipstick yang Tepat


 

source: http://makeup.lovetoknow.com/Lipstick_Shades_for_Medium_Skin_Tones


Lastly, makeup-mu tidak akan lengkap tanpa pulasan lipstick. Lucky you, kebanyakan warna lipstick akan cocok di kulit sawo matangmu. Dari mulai light pink, sampai deep berry akan sangat meng-complement kulit eskotismu. Untuk cool undertone, kamu bisa memilih blue-based lipstick berwarna merah, berry, pink, dan mauve. Sedangkan untuk warm udertone, pilih lipstick merah, burgundy, coral, dan cokelat dengan gold atau orange-based.

Tapi, kamu perlu berhati-hati dengan lipstick berwarna nude karena bisa membuat wajahmu terlihat pucat. Buat kamu yang memiliki cool undertone, kamu bisa mencoba lipstick nude dengan sedikit warna pink seperti Maybelline Color Sensational Lipcolor in Pink Satin. Lalu untuk kamu pemilik warm undertone, carilah lipstick nude dengan shade beige nude seperti YSL Rouge Volupté in Nude Beige. 

Good luck, ladies!