Memilih bedak untuk kulit sawo matang memang sedikit tricky. Kalau salah memilih shade, bisa-bisa kulit wajah terlihat lebih hitam, atau malah terlihat lebih putih dibandingkan area tubuh lainnya sehingga terlihat seperti memakai topeng. Alhasil, bedak jadi tidak terpakai dan mubazir. Buat kamu pemilik kulit sawo matang, apa kamu pernah juga mengalami bad experience ini? Nah sebelum mengetahui bedak mana yang paling bagus untuk jenis kulitmu, kamu perlu mengetahui shade yang paling cocok untuk kulit sawo matang. 

Biasanya, rangkaian bedak lokal sudah menyediakan shade khusus untuk warna-warna kulit khas wanita Indonesia, termasuk juga sawo matang. Nah kalau memang sudah ada shade khusus sawo matang ini, kamu bisa memilih shade tersebut. Tapi, kalau kamu ingin membeli bedak dari brand luar, sebaiknya pilih shade yang kecokelatan dengan warm undertone seperti shade natural beige. Atau, kamu bisa memilih shade yang translucent dan mengikuti warna kulit.
 

source: http://www.stylemakers.sg/beauty/powdered-to-perfection-choosing-the-right-powder/


 


Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sawo Matang Sesuai dengan Jenis Kulit



Kulit sawo matang dengan jenis kulit normal

Buat kamu yang memiliki tipe kulit normal, you must be thankful karena kamu bisa menggunakan semua jenis bedak. Mulai dari pressed powder, loose powder, two way cake, hingga shimmering powder, kamu bisa memilih jenis bedak sesuka hatimu. Kamu hanya perlu perhatikan shade bedaknya saja dan memilih shade natural beige atau yang cocok dengan sawo matang.


Kulit sawo matang dengan jenis kulit kering

Kalau tipe kulitmu cenderung kering, sebaiknya pilihlah pressed powder dengan formula yang mengandung pelembap di dalamnya. Pelembap ini bisa menjaga kulitmu agar tetap lembap dan mencegah makeup agar tidak flaky karena kulit kering. Kalau tidak, jangan lupa gunakan moisturizer terlebih dahulu ya sebelum menggunakan makeup agar kulitmu tidak kering ketika dipulaskan bedak.


Kulit sawo matang dengan jenis kulit berminyak

Nah beda cerita lagi jika kamu memiliki kulit berminyak. Kalau kamu memiliki kulit berminyak, jenis bedak yang paling cocok untuk kulitmu adalah loose powder. Bedak tabur ini bisa menyerap minyak berlebih dan kilap pada kulit, sehingga kulit wajah akan tetap terlihat segar bebas minyak. Selain itu, formula bedak tabur juga lebih ringan dibandingkan jenis bedak lainnya, jadi tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Oh iya ketika memilih warna bedak, sebaiknya pilih shade satu tingkat lebih helap dari warna kulit atau warna yang sama dengan foundation karena kulit berminyak akan terlihat lebih mengkilap nantinya.


Kulit sawo matang dengan jenis kulit kombinasi

Jenis kulit ini memang memerlukan perawatan dengan effort lebih untuk mengatasi kelebihan minyak dan kulit kering di area wajah. Untuk itu, kamu perlu menggunakan moisturizer pada area wajah yang kering, dan hanya mengaplikasikan moisturizer secara tipis di area T - Zone sebelum menggunakan foundation atau BB cream. Lalu, pilihlah warna bedak yang natural dan mengikuti warna asli kulitmu.


Kulit sawo matang dengan jenis kulit sensitif

Sementara untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, kamu perlu lebih berhati-hati ketika memilih bedak dan benar-benar teliti memilih formula yang tidak akan mengiritasi kulitmu. Lalu, sebaiknya pilih bedak dengan formula yang lightweight. Untuk masalah shade, kamu bisa memilih shade bedak yang sesuai dengan warna kulitmu.
 

baca juga


Good luck on choosing the right powder, ladies!

source: https://parsel.me/posts/simple-tricks-for-contouring-and-highlighting-like-a-pro