Memakai Sunscreen Terlalu Sedikit

Sunscreen atau lotion khusus untuk melindungi matahari memang baik digunakan untuk tubuh. Sunscreen ini dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, sehingga menghindari kulit yang belang. Namun, jika kamu memakai sunscreen dalam jumlah yang sedikit, maka sunscreen tidak dapat melindungi kulit secara maksimal. Oleh sebab itu pakailah sunscreen dalam jumlah yang cukup agar kulitmu benar-benar terlindung dari sinar UV. Dalam sekali pemakaian, kamu dapat menggunakan kurang lebih 29,5 ml.

source: http://www.ledisia.com


 

baca juga

Mudah Berkeringat

Meskipun kamu sudah memakai sunscreen dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan kulit, namun jika kamu berkeringat, maka suncreen yang kamu akan tercampur dengan keringat. Sunscreen akan luntur dan tidak bekerja dengan efektif. Sunscreen juga luntur jika jenis kulitmu mudah mengeluarkan minyak berlebih.

Bagaimana cara mengatasinya? Mudah saja. Jika kamu merasakan berkeringat atau berminyak secara berlebih, sebaiknya bersihkan atau keringkan kulitmu dari keringat dan minyak terlebih dahulu. Dan kamu dapat mengoleskan sunscreen kembali setelah kulitmu kering. Pilih juga broad spectrum sunscreen yang mengandung bahan UVB dan UVA yang mudah diserap.

source: http://edupost.id


 

Sunscreen Tidak Sesuai Jenis Kulit

Kalau kamu lihat di pasaran, ada banyak sekali produk sunscreen yang dijual. Mulai dari yang murah sampai mahal. Namun, tidak semua sunscreen dapat memberikan perlindungan terbaik untuk kulitmu. Sebelum membeli sebaiknya kamu membaca dengan teliti di balik label. Pilihlah sunscreen sesuai dengan jenis kulitmu dan yang dapat menjaga kelembapan kulit dan minimal mengandung SPF 30 agar kulit tidak kusam dan belang saat terpapar sinar UV.

source: http://www.ledisia.com


 

baca juga

Sunscreen Waterproof Tidak Dipakai Berulang

Jika kamu hobi berenang, kamu memang harus memakai sunscreen khusus untuk di air, terlebih kamu melakukan kegiatan ini di alam terbuka dan pada siang hari. Sunscreen yang berlabel waterproof atau water resistant bukan berarti akan melindungi kulitmu seharian di ruang terbuka yah. Kamu tetap harus mengoleskan beberapa kali jika kamu berada seharian terpapar sinar matahari. Kamu harus menggunakan secara berkala agar kulitmu tidak terbakar, yang akan mengakibatkan kulit menjadi belang.

source: https://lifestyle.sindonews.com


 

Menggunakan Sunscreen Sekaligus Mengkonsumsi Antibiotik

Kalau kebetulan kamu memakai sunscreen sekaligus mengkonsumsi antibiotik untuk menjaga kesehatanmu, ternyata ini berefek tidak baik. Bahan yang terkandung di dalam antibiotik ternyata dapat menjadikan kulitmu rentan mengalami phototoxic dermatitis. Ini adalah gejala inflamasi pada kulit yang terjadi karena terekspos sengatan sinar matahari. Jadi kalau kamu sedang mengkonsumsi antibiotik sebaiknya kamu berteduh pada saat matahari terasa paling panas, walaupun kamu sudah memakai sunscreen.

source: https://kawaiibeautyjapan.com


 

Sunscreen Dengan Kandungan Yang Tidak Tepat

Kalau kamu sudah menggunakan sunscreen namun kulitmu tetap panas dan terasa terbakar, ini adalah salah satu efek dari bahan sunscreen yang tidak cocok pada kulitmu. Beberapa sunscreen mengandung avobenzone, yang dapat membuat kulitmu mengalami iritasi seperti kemerahan atau gatal-gatal. Cobalah pilih bahan yang mengandung aloe vera, yang bersifat mendinginkan kulit atau yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang lebih lembut untuk kulit sensitif.

source: http://www.dietnutrisi.org