source: http://www.freep.com/story/life/wellness/2014/11/22/breast-cancer-mastectomies-study/70017126/


Perubahan Fibrokistik

Perubahan fibrokistik adalah perubahan yang diakibatkan oleh adanya ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika terdapat benjolan yang terasa agak nyeri saat menjelang jadwal menstruasi. Namun, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, kamu perlu memeriksakan lebih lanjut jika gejala ini tetap muncul meskipun periode menstruasi telah berakhir.

baca juga



Infeksi Bakteri

Benjolan di sekitar payudara juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya, wanita yang sering mengalami kondisi seperti ini adalah ibu yang menyusui. Bakteri dapat berasal dari mulut bayi yang masuk melalu puting ke saluran susu, atau bisa juga diakibatan oleh sisa ASI yang masuk kembali ke dalam saluran susu, sehingga menimbulkan benjolan. So, be aware mommy!



Fibroadenoma

Fibroadenoma ini merupakan benjolan padat yang muncul akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu di sekitar payudara. Biasanya kondisi ini dialami oleh wanita yang berusia 20 hingga 30 tahun. Meskipun tidak terasa sakit, lebih baik kamu memeriksakan kondisi ini lebih lanjut ke dokter.

baca juga



Kista di Jaringan Payudara

Selain beberapa hal di atas, terdapat kemungkinan bahwa benjolan di sekitar payudara merupakan kista. Kista merupakan kantong yang berisi cairan yang dapat menimbulkan benjolan. Biasanya kista berukuran lebih dari 2,5 cm dan dialami oleh seseorang yang sudah berusia 30-50 tahun. Untuk penyakit ini, kamu perlu berhati-hati karena kista menyebabkan rasa sakit di sekitar payudara dan berakibat fatal. Kamu wajib memeriksakan kondisi ke dokter jika mengalami gejala ini.

Intinya jangan panik jika timbul benjolan di sekitar payudaramu, dan atasi dengan sikap tenang, because you're gonna be OK!