source: http://bestanimations.com/Food/Beverages/Coffee/Coffee.html
Aktivitas yang padat, unlimited deadline, dan jam masuk kantor atau kuliah di pagi hari (yang bahkan terlalu pagi), terkadang tidak bisa kamu lalui tanpa bantuan secangkir kopi di pagi hari. Agree? Namun sebenarnya, apa sih efek yang diberikan kopi terhadap tubuhmu? Menghidrasi atau justru membuat tubuhmu dehidrasi?

Luckily, menurut studi ilmiah yang telah dilakukan, jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, kopi dapat menghidrasimu sama seperti halnya dengan air putih. Namun, hati-hati Beautynesian, apakah selama ini kamu mengonsumsi kopi dengan jumlah yang tepat?

Menurut Frances Largeman-Roth, ahli nutrisi dan seorang penulis buku ''Eating in Color", hanya mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sepanjang hari justru dapat membuat kamu dehidrasi di akhir hari. Kenapa? Sebab, kafein yang terkandung dalam minuman seperti kopi, teh, dan minuman berenergi memang dapat menghidrasi, namun bukanlah pilihan yang tepat untuk menjaga kamu supaya tetap terhidrasi sepanjang hari. Alasannya tidak lain adalah karena efek diuretik yang diakibatkan oleh kopi dapat membuat kamu sering buang air kecil dan memaksakan tubuh untuk mengeluarkan air. 

Keri Glassman, founder dari Nutritious Life, menyarankan kamu supaya tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan, cukup sekitar secangkir atau dua cangkir perhari demi menghindari dehidrasi. Jangan lupa juga untuk tetap mengimbangi dengan minum air putih yang cukup yah! Pokoknya, kalau kamu mulai merasakan susah untuk tidur, dan tubuh rasanya gemetar, itu tandanya kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Semoga bermanfaat!

 
source: http://www.hercampus.com/health/i-drank-nothing-water-week-heres-what-happened