source: http://www.cancer.ucla.edu/patient-care/survivorship/breast-cancer-survivorship/athena-breast-health-network/breast-health-specialist


Jaga Berat Badan 

Menjaga berat badan bukan hanya sekedar soal terlihat langsing dan seksi. Namun, berat badan yang ideal memang salah satu ciri dari pola gaya hidup sehat. Terlalu berat atau terlalu kurus pun tidak baik untuk kesehatanmu. Karenanya, pantau terus berat badanmu, miliki pola makan yang seimbang, dan berolahragalah secara teratur.


Stop Merokok

Seperti yang telah diperingatkan dalam kemasannya, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker. Memang sih, bagi kamu yang sudah terbiasa merokok akan susah untuk berhenti. Namun, jika kerugian yang didapatkan lebih besar daripada manfaat ketika merokok, kenapa kamu harus tetap melanjutkannya?


Kurangi Konsumsi Alkohol

Jika kamu suka minum minuman beralkohol, kamu harus melakukannya dengan biijak, jangan terlalu banyak dan berlebihan. Bahkan kalau bisa, lebih baik kamu benar-benar berhenti untuk mengonsumsi alkohol. Hati-hati, karena alkohol akan meningkatkan risiko kamu untuk terkena kanker payudara.


Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat seperti nasi, kentang, dan lain-lain dapat memicu perubahan hormonal yang dapat memicu pertumbuhan sel yang terdapat dalam jaringan payudara. Cukup konsumsi karbohidrat sesuai dengan porsi yang kamu butuhkan. Sebaiknya imbangi dengan kacang-kacangan yang dapat memperkecil risiko kanker payudara.


Hindari Diri dari Polusi

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara kanker payudara dengan bahan kimia yang terdapat polusi lingkungan. Karena itu, jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan rentan terkena polusi, gunakan perlindungan yang cukup, seperti memakai masker saat berkendara motor, dan lain-lain.


Hindari Terapi Radiasi

Metode medis yang menggunakan radiasi dengan dosis tinggi dapat memperbesar risiko kamu untuk mengalami risiko payudara lho, Beautynesian. Jadi, coba hindari terapi ini dan lakukan hanya jika kamu benar-benar perlu.


Berikan ASI
 
Shout out to all mommies out there! Untuk kamu yang sudah memiliki bayi, kamu wajib memberikan ASI. Sebab, ASI yang tidak dikeluarkan dapat memperbesar risiko kanker payudara. Jadi, jangan pernah menunda waktu untuk memompa atau memberikan ASI.


Perbanyak Olahraga

Yang terpenting dan yang tak perlu diragukan lagi adalah rutin berolahraga. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dan tepat tentunya akan mengurangi risiko kanker payudara. Olahragalah paling tidak tiga kali dalam seminggu dan miliki badan yang sehat serta fit.

Yuk, peduli akan kesehatan payudaramu mulai dari sekarang!