source: http://www.hipwee.com/hiburan/kalau-baterai-smartphone-udah-habis-ini-dia-yang-bikin-kamu-sering-meringis/

Hayo siapa di sini yang setiap hari mulai dari pagi hingga malam tak pernah lepas dari smartphone? Smartphone atau yang juga biasa disebut hp iniseakan-akan jadi nyawa kedua. Jika hp low batt pasti rasanya seperti ada yang hilang. Nah, jika kamu salah satu orang yang tidak bisa lepas dari hp, hati-hati lho, karena hp bisa jadi penyebab kenapa kecantikanmu menurun. Kenapa? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini!
 

Sinar HEV

Sekarang ini semakin banyak ahil dermatologi yang telah memperingatkan bahwa gadget, termasuk hp bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada kulit. Ternyata, sinar HEV atau sinar biru yang dipancarkan dari layar hp-lah penyebabnya.

“It’s a harmful artificial light that will affect your skin by giving it premature damage,”


Kutipan tersebut disebutkan oleh Adrienne Penna,seorang pengembang produk skin care untuk Perusahaan New York’s Make Beauty. HEV dikabarkan dapat menimbulkan kerusakan pada kulit lebih cepat, seperti memperlihatkan garis halus dan menurunkan elastisitas, bahkan komponen penting kulit (kolagen dan elastin).


Refleksi Sinar UV

Beberapa ahli dermatologi lainnya, seperti Dr. Dendy Engelman, seorang dokter bedah dermatologi asal Manhattan, menemukan bahwa hp juga bisa menyebabkan kasus kulit belang atau poikiloderma yang biasanya disebabkan oleh cahaya matahari di area yang tidak biasa seperti di bawah dagu dan wajah bagian samping. 

Selain HEV, ternyata hp juga dapat merefleksikan sinar UV pada kulitmu. Obeservasi yang dilakukan oleh University of New Mexico menemukan bahwa layar hp dapat memantulkan sinar UV pada dagu dan wajah.


Sinar Inframerah

Ada juga sinar inframerah yang disalurkan oleh layar LCD dari semua gadget, termasuk hp. Meskipun sinar inframerah dapat berguna dan memiliki berbagai manfaat untuk manusia, tetap saja, sinar berlebih yang berada di dekat sinar inframerah tersebut dapat menyebabkan berbagai kerusakan kulit, mirip seperti yang disebabkan oleh sinar UV. Misalnya seperti peradangan kulit, penuaan dan fotokarsinogenesis (meningkatnya sel kanker karena sinar).


Cara Mengggunakan Hp

Bahkan tidak hp itu sendiri saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, tapi bagaimana cara penggunaannya juga berpengaruh. Terutama ketika kamu menghabiskan waktu nine-to-five dengan menggunakan hp, lehermu akan mudah pegal karena selalu menunduk, bagian dahi akan mudah berkerut ketika kamu sering mengernyitkan dahi agar fokus melihat layar hp, tanganmu juga akan lebih cepat keriput karena terus menerus memegang hp.

Jadi, bagaimana Beautynesian? Masih mau mengorbankan kulit cantikmu demi menggunakan hp? So, please be smart before using your smartphone! Kurangi intensitas pemakaian smartphone, dan rawat kulitmu dengan menggunakan skin care secara rutin.