Salah satu kekayaan seni Indonesia ini bisa kamu hadirkan dalam berbagai bentuk perabot interior. Sebut saja gorden, sofa, karpet, table runner, atau lampu hias. Namun, kamu juga harus cerdik dalam menempatkan dan memadupadankan batik. Pertimbangkan warna dinding atau perabot lain sebelum memutuskan motif dan warna batik yang akan kamu gunakan.
Menggunakan gorden batik akan membuat suasana rumah anda berkesan klasik. Cocok sekali bagi Anda yang menginginkan desain interior tradisional. Anda dapat mengkombinasikan gorden dengan motif batik ini dengan berbagai aksesoris dari kayu, seperti patung, ataupun porselen.
source: http://www.batikjirolupat.com/blog/dekorasi-interior-dengan-gorden-batik/
Kayanya motif dan warna menjadikan batik cukup fleksibel untuk digunakan dalam berbagai perabot. Untuk ruangan bergaya etnik atau modern minimalis, semuanya cocok untuk dipadupadankan dengan batik. Berikut ini adalah beberapa inpirasi desain ruangan dan perabot yang bisa kamu coba aplikasikan:
"Gunakan motif parang rusak atau kawung yang dikenal luas dan memiliki makna yang baik." Dari segi warna pun cukup netral sehingga bisa dipadankan dengan apa saja. Batik memiliki nilai dekoratif sehingga cocok diterapkan sebagai elemen estetis dalam interior," jelas Yogie Candra Bhumi, desainer interior dari AIR ministudio.
source: http://www.tabloidnova.com/layout/set/print/iDEA/Tips/Dekorasi-ruang/Ruang-transisi-dan-servis/Ruang-juga-Cantik-Pakai-Batik

Ruang Tamu

Tidak ingin berlebihan dalam mengaplikasikan batik? Gunakan saja motif batik sebagai karpet rumah. Tipsnya, pilih furniture yang memiliki model minimalis dengan warna yang netral, karena karpet sudah memiliki banyak warna dan motif.
source: http://kolomrumah.com/images/articles/1146_carpet.jpg&imgrefurl=http://kolomrumah.com/artikel/interior-eksterior-ruang/memberikan-sentuhan-batik-pada-rumah-anda&h=700&w=980&tbnid=nsowjWpSYqSnsM:&zoom=1&docid=ymfu7Wni5HeoHM&ei=d7AkVbCRCs3GuATxmYCYCw&tbm=isch&ved=0CCQQMygcMBw4rAI
Meja hias ini makin cantik dan elegan dengan pola batik di permukaannya. Jika kamu memiliki meja kayu yang sudah usang, akali dengan menambahkan motif batik seperti ini untuk memberi kesan vintage dan elegan.
source: https://www.pinterest.com/pin/140526450847756042/
Dinding yang polos bisa kamu sulap menjadi cantik dengan berbagai motif batik yang dipigurakan. Jika kamu memiliki koleksi bahan batik atau kain perca batik, manfaatkan untuk dijadikan hiasan dinding. Gunakan pigura atau bingkai yang minimalis untuk hasil yang cantik.
source: https://www.pinterest.com/pin/412994228302361190/
Cermin lantai ini dihiasi dengan mozaik motif batik kawung.
source: https://www.pinterest.com/pin/66991113182531421/
Gunakan batik sebagai table runner untuk kesan etnik pada ruang tamu. Sesuaikan warna batik dengan warna dan material meja. Kamu bisa pilih yang senada dengan warna netral, atau juga bisa memilih warna yang mencolok. Semua tergantung dengan selera.
source: http://www.ideaonline.co.id/var/gramedia/storage/images/media/images/ruang-keluarga-bernuansa-etnik/16494485-1-ind-ID/ruang-keluarga-bernuansa-etnik_reference.jpg&imgrefurl=http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Interior/Ruang-Keluarga/Unik-di-Ruang-Keluarga-Bernuansa-Etnik&h=600&w=450&tbnid=I2WFS6vQC8UHOM:&zoom=1&docid=rIGVf7wR_fx5EM&ei=ZLMkVczTH8m7uATrlYLQDw&tbm=isch&ved=0CDIQMygqMCo4rAI

Ruang Makan

Sentuhan batik pada meja makan bisa kamu aplikasikan sebagai taplak meja makan atau pun alas piring, seperti berikut ini:
source: http://www.danarhadibatik.com/site/collection?categoryID=7&subcategoryID=1

Ruang Tidur

Jika menggunakan satu motif terkesan monoton, pilih batik dengan berbagai motif namun tetap memiliki benang merah misalnya warna.
source: https://www.pinterest.com/pin/33847434674673393/

Berbagai Perabotan

Batik bisa diaplikasikan untuk berbagai perabotan rumah tangga seperti kursi, bantal, tempat tisu, pigura, atau wadah serbaguna.
source: https://hiasanrumah.files.wordpress.com/2012/11/furniture-batik-pada-rumah.jpg%253Fw%253D645&imgrefurl=https://hiasanrumah.wordpress.com/category/interiordesign/&h=410&w=538&tbnid=dMuR1Pi_HFgA-M:&zoom=1&docid=0Eu-UdnG811FgM&ei=2rAkVYbMNoO6uASP24KADQ&tbm=isch&ved=0CBAQMygIMAg4yAE