source: https://www.buzzfeed.com/


Paraben dan Phtalates

Zat ini biasa terdapat dalam kosmetik atau produk-produk kecantikan yang kamu miliki. Kedua zat ini berfungsi sebagai zat preservative a.k.a pengawet, supaya kosmetikmu lebih tahan lama. Selain itu, kedua bahan ini juga biasa digunakan untuk mengencerkan bahan padat lainnya. Namun hati-hati ladies, jika kulitmu tidak cocok, kedua kandungan ini justru dapat menjadi racun dan merusak hormon lho! 


Petrochemical

Petrochemical yaitu merupakan zat-zat seperti, paraffin wax, benzene, minyak mineral, petrolatum dan lain-lain. Meskipun mereka bekerja untuk memudahkan bahan lain supaya terserap hingga ke lapisan dalam kulit, ternyata bahan-bahan tersebut juga bisa menyumbat pori-porimu lho!


Silikon

Memang sih, silikon dapat membuat kulit terasa lembut, namun you should be careful ladies, karena ternyata silikon merupakan salah satu bahan yang paling berpotensi menyebabkan jerawat karena dapat menyebabkan kulit kering dan menyumbat pori-pori.


Fragrance dan Pewarna

Nah, buat kamu yang suka dengan aroma wangi yang terdapat dalam makeup-mu, kamu perlu waspada yah! Seharum apapun aromanya, ternyata fragrance atau pewangi pada produk makeup dapat menyebabkan alergi, iritasi, dan juga jerawat. Begitu juga dengan pewarna!


Microbeads

This is the most dangerous one! Kenapa? Sebab, partikelnya terlalu kecil dan sulit terurai, sehingga dapat merusak lingkungan. Selain merusak lingkungan, karena ukuran partikel yang terlampau kecil, microbeads ini malah bisa masuk ke pori-pori dan menyumbatnya.

Meskipun begitu, bahan-bahan di atas belum pasti akan menimbulkan jerawat pada setiap kulit lho, karena kulit setiap orang berbeda-beda dan bahan-bahan di atas hanya memiliki potensi untuk menyebabkan jerawat. Just make sure you've checked the ingredients first!