Jika kamu sering merawat kulit wajahmu dengan menggunakan skin care, jangan lupa bahwa bibir juga perlu perawatan selayaknya kulit wajahmu. Kulit wajah yang kering tidak mampu membuat foundation stay in place dalam waktu yang lama, sama halnya dengan bibir. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah akan membuat lipstik tidak bisa stay dengan sempurna, akibatnya warna lipstik akan lebih mudah pudar.

Tentunya kamu tidak ingin warna lipstik cepat pudar kan? Maka dari itu, yuk mulai merawat bibir agar lembap dan halus dengan cara berikut ini!


 

Step 1: Menggunakan Lip Scrub

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mewujudkan bibir halus dan lembap adalah dengan menggunakan lip scrub. Yup! Lip scrub ini berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit mati atau kulit kering yang ada di permukaan bibir. Bibir yang dipenuhi dengan kulit kering tidak akan mampu menyerap formula lipstik dengan baik, makanya jangan lupa untuk menggunakan lip scrub terlebih dahulu, yah!

source: https://www.lisaliseblog.com/2014_02_01_archive.html

Kamu dapat membuat lip scrub sendiri lho di rumah. Bahan yang digunakan cukup sederhana, yaitu hanya 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh madu. Campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan di bibir dengan cara digosok-gosok secara perlahan. Selain madu, bahan lain yang bisa juga digunakan adalah coconut oil, olive oil, dan almond oil.

baca juga
source: https://www.brit.co/homemade-lip-scrubs/

Namun bagi yang ingin lebih praktis, saat ini sudah banyak brand lokal yang mengeluarkan produk lip scrub, seperti Emina Cosmetics, Luxcrime, GulaCo, Be You, dan Evete Naturals. Untuk mengetahui penjelasan dari masing - masing produk tersebut bisa menuju link artikel Beautynesia lainnya berikut ini Yuk Atasi Tampilan Lipstick Patchy Menggunakan Lip Scrub dari Brand Lokal Ini!

 

Step 2: Menggunakan Lip Mask

Nah, setelah melakukan eksfoliasi langkah selanjutnya adalah memastikan bibirmu lembap. Salah satu cara yang bisa dilakukan utntuk melembabkan bibir adalah dengan menggunakan lip mask. Lip mask biasanya digunakan sepanjang malam selama tidur, karena pada malam hari kulit mengalami regenerasi, sehingga kemampuan kulit untuk menyerap kandungan suatu produk menjadi lebih tinggi.

Salah satu produk lip mask yang saat ini sedang hype di kalangan pecinta kecantikan adalah produk dari laneige yang bernama Laneige Lip Sleeping Mask. Lip mask ini terbuat dari berry mix complex yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

source: http://www.alodita.com/2015/12/my-holy-grail-lip-care.html

Nah buat yang ingin membuat lip mask sendiri di rumah, ternyata cara dan bahan yang diperlukan cukup sederhana lho. Cukup campurkan 1 sendok teh madu murni dengan 1/2 sendok teh yogurt saja, maka lip mask sudah siap digunakan. Sebenarnya bahan utama dari pembuatan lip mask hanyalah madu, sedangkan bahan lainnya bersifat optional dan bisa diganti dengan sari buah. Karena terbuat dari bahan madu murni maka tekstur lip mask akan terasa tebal dan kental. Untuk hasil yang maksimal, lip mask buatanmu ini cukup digunakan selama 15 menit saja sebelum tidur.

 

baca juga

Step 3: Menggunakan lip balm

Don't ever try to skip using lip balm as your lipstick base. Sebelum memakai base make up apapun, kamu biasanya menggunakan moisturizer dan sunscreen dulu bukan? Nah, bibir juga berhak mendapatkan treatment yang sama melalui penggunaan lip balm. Lip balm perlu dipakai sebelum menggunakan lipstik karena kamu perlu mempersiapkan bibir supaya lebih dapat menerima lipstik, sehingga lipstik dapat menempel dengan sempurna dan tidak cepat pudar.

source: http://www.pedasmag.com/tips-cantik-membuat-warna-lipstik-tahan-lama.htm

Lip balm hanya digunakan sekitar 3 - 5 menit saja, setelah itu lebih baik dibersihkan dengan menggunakan tisu kering. Lip balm perlu dibersihkan karena biasanya memiliki tekstur yang cenderung lengket.

Good luck, Beautynesian!